4 Hal Ini Harus Dirahasiakan dari Rekan Kerjamu

4 Hal Ini Harus Dirahasiakan dari Rekan Kerjamu
ISTOCK

Dear para karyawan, apa pun masalah pribadi yang sedang kamu hadapi, jangan pernah membawanya ke tempat kerja.

Namanya manusia selalu saja mempunyai masalah dalam hidupnya, baik itu yang kecil maupun yang besar. Namun tidak semua masalah harus kamu ceritakan dengan orang-orang terdekatmu, termasuk sahabatmu di tempat kerja. Perlu kamu ketahui, kantor adalah tempat di mana banyak orang bersaing untuk mendapatkan kedudukan dengan ketat. Maka dari itu, kamu memang sangat disarankan untuk memberikan batasan antara hal pribadi dengan urusan profesionalitas. Karena bisa jadi, temanmu adalah musuhmu. Hati-hati!

Tidak bahagia dengan pekerjaan

img

Rasanya semua orang pernah mengeluh akan hal ini. Di mana mereka merasa lelah dengan pekerjaan yang terlalu banyak. Memang tidak dilarang untuk menceritakan kepada temanmu, karena mungkin dia bisa membantu menyelesaikan pekerjaanmu. Namun menjadikan hal ini sebagai sesi curhat yang lebih ‘intim’ tentang ketidakbahagiaan atas pekerjaan akan membuatmu terlihat seperti orang yang penuh dengan hal-hal negative. Karena hal tersebut bisa membuat teman kerjamu lama-lama enggan untuk bekerjasama denganmu lagi. Hal terburuknya, jika sampai atasan tahu, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan pekerjaan secara tidak terhormat.

Rekan kerja yang bermasalah

img

Selalu berhadapan dengan rekan kerja yang selalu membuat masalah dan mengganggu kinerjamu? Cobalah pecahkan masalah tersebut secara personal. Kamu bisa berbicara langsung kepadanya. Sebaliknya, hindari untuk membawa atasan ikut campur ke dalam masalah tersebut. Karena jika atasanmu mengetahuinya itu hanya akan membuatmu terlihat sebagai orang yang tidak mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain. Namun jika kondisinya makin parah, kamu bisa meminta saran dan petunjuk kepada atasan untuk menangani rekan kerjamu.

Masalah percintaan

img

Jangan pernah membawa masalah percintaanmu ke tempat kerja. Saat kamu sedang bermasalah dengan pasanganmu, memang akan  sulit untuk berkonsentrasi kerja secara penuh. Apalagi saat pertengkaran besar terjadi. Namun tidak semua rekan kerja perlu tahu (atau ingin tahu) tentang masalah pribadimu. Karena tetap saja pertengkaran dengan pasanganmu, tidak akan memengaruhi performa kerjmu. Solusi paling tepat adalah menceritakan masalahmu dengan sahabat diluar jam kantor.