4 Kesalahan Perempuan yang Buat Kamu Miskin di Masa Depan

4 Kesalahan Perempuan yang Buat Kamu Miskin di Masa Depan
SHUTTERSTOCK
4 Kesalahan Perempuan yang Buat Kamu Miskin di Masa Depan

Tidak bisa mengatur uang dari sekarang? Hati-hati hidup melarat di masa depan. Jangan coba melakukan poin-poin di bawah ya.

Kamu tentu tidak ingin hidup miskin di masa depan. Untuk itu, kamu harus menabung sejak sekarang! Klise kedengarannya tapi menabung sangat dianjurkan demi memiliki finansial yang sehat. Tidak hanya menabung, kamu juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik.

Sayangnya, sejumlah perempuan masih kurang bisa mengelola keuangannya. Berikut kesalahan perempuan dalam mengatur keuangan yang bisa membuat kamu miskin di masa depan.

1. Makan Keluar Terlalu Sering

ISTOCK
ISTOCK

Makan di luar terlalu sering sangatlah boros. Hal ini biasa dilakukan perempuan yang punya pasangan. Tidak hanya itu, para pekerja kantoran juga sering jajan di luar. Pilihan makan di luar dengan alasan aktivitas begitu padat.

Baca: 5 Saran Tentang Keuangan yang Sudah Tak Efektif Lagi

Tidak salah memang, tapi kalau terus-menerus dilakukan, pengeluaran pun semakin membengkak. Lebih baik mencoba hemat dengan belajar masak di rumah. Ingat, banyak kebutuhan lain yang perlu dipikirkan untuk ke depannya. 

2. Tidak Membuat Anggaran

Cara Cerdas untuk 'Survive' Saat Keuangan Menipis di Akhir Bulan - 0
Cara Cerdas untuk 'Survive' Saat Keuangan Menipis di Akhir Bulan - 0

Kesalahan yang dilakukan oleh banyak sekali perempuan adalah hidup tanpa anggaran. Padahal anggaran finansial pribadi sangat penting demi kelangsungan hidup ke depannya. 

Anggaran dibuat demi mendahulukan kebutuhan utama dan membatasi pengeluaran. Jika tidak membuat anggaran biaya, kamu tidak bisa mengontrol keluar-masuknya uang apalagi setelah menikah. Hal itu bisa memicu pertengkaran antara kamu dan pasangan karena pengeluaran yang tidak terkendali.

3. Pengeluaran Tidak Penting

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Apakah kamu tipe perempuan yang suka membeli aksesori serta majalah atau buku demi hobimu? Pengeluaran yang tidak penting harus diminimalkan mulai sekarang jika tidak ingin miskin di masa depan. Coba mengurangi pembelian tersebut supaya kebutuhan dapat diutamakan. Lebih baik, investasikan uang untuk kebutuhan hidup jangka panjang. 

4. Gagal Menabung

iStock
iStock

Gagal menabung masalah semua orang, termasuk kamu? Jika iya, perbaiki yuk mulai sekarang. Ingat, kamu harus memikirkan biaya tidak terduga karena hidup memang tak pasti. Bahkan jika kamu sudah mengatur keuangan demi masa depan, masih butuh menabung, seperti biaya untuk hari tua atau mengirimkan anak ke perguruan tinggi nantinya.

Kamu sering melakukan poin yang mana?


Selanjutnya: bagaimana bisa mencintai pekerjaan yang tidak passion? Woop punya tipsnya buat kamu. Baca di sini ulasannya.