4 Penyebab Kamu Sulit Lepas dari Utang, Duh!

4 Penyebab Kamu Sulit Lepas dari Utang, Duh!
SHUTTERSTOCK

Apakah kamu pernah berutang atau sedang berutang? Inilah penyebab mengapa kamu sulit lepas darinya.

Berutang memang tidak disarankan karena utang menjadi penyebab utama dari sebuah kegagalan dalam mengatur keuangan kamu. Kebiasaan berutang memiliki dampak besar dalam terpuruknya kondisi finansialmu. Oleh sebab itu, utang memang sangat berbahaya! 

Utang tidak hanya sekedar meminjam uang dari seseorang saja. Namun saat ini dengan hadirnya kartu kredit dan fasilitas kredit lainnya semakin memudahkan proses perutangan yang bisa kamu dapatkan. 

Memang terkadang kamu butuh untuk berutang. Akan tetapi, sebelum berhutang coba pikirkan dulu apakah kamu mampu membayarnya nanti? Yah, namanya juga hidup pasti akan sangat sulit untuk bebas dari utang. Jadi apa penyebab kamu sulit bebas dari utang? 

Tidak Memiliki Dana Cadangan

Hati-hati! Suka Menunda Sesuatu Bisa Bikin Keuangan Berantakan - 0
SHUTTERSTOCK

Kamu memang harus mengontrol semua pengeluaranmu, tapi ada saja hal-hal yang membuat pengeluaranmu malah tambah besar. Setiap saat, selalu saja ada kemungkinan akan datangnya pengeluaran tak terduga, seperti mobil rusak, sakit, bencana alam, atau sumbangan ke orang lain.

Meski tidak terduga, sebenarnya pengeluaran ini bisa kamu atasi jika kamu memiliki dana cadangan yang selalu siap untuk dipakai kapanpun. Jika kamu tidak punya dana cadangan dan hal-hal ini datang, kamu terpaksa akan menggunakan kartu kredit dan menggunakan kartu kredit sama saja dengan semakin menambah utangmu.

Memilih Pembayaran Kredit Secara Minimum

Hati-hati! Suka Menunda Sesuatu Bisa Bikin Keuangan Berantakan - 2
SHUTTERSTOCK

Utang itu harus dibayar! Memang, melakukan pembayaran secara minimum terlihat sangat tidak memberatkan bagi keuangan kamu. Setiap bulannya kamu hanya perlu membayar dalam jumlah yang kecil sehingga sangat bisa teratasi.

Sadarilah bahwa semakin kecil pembayaran yang kamu lakukan, semakin lama kamu harus membayarkannya karena total harga akhirnya tetap sama. Sebenarnya, pilihan pembayaran minimum hanya akan membuatmu terus berada dalam lilitan utang dalam waktu yang lama. 

Suka Menunda Pembayaran Kartu Kredit

Ini yang Terjadi Jika Selalu Cicil Bayar Kartu Kredit - 0
SHUTTERSTOCK