5 Cara Berbisnis untuk Para Pemula

5 Cara Berbisnis untuk Para Pemula
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Menerima Tawaran Kerja - 1
5 Cara Berbisnis untuk Para Pemula

Berpikiran untuk membuka usaha? Jika iya, Woop punya cara yang bisa dijadikan referensi olehmu.

Semua orang bisa membuka usaha, khususnya untuk kamu yang memiliki modal. Meski begitu, banyak orang yang tidak bisa memanfaatkan usahanya dengan baik dan malah gagal membangun usahanya sehingga modal yang sudah dikeluarkan hangus begitu saja.

Sudah membangun usaha tapi gagal. Mengapa bisa terjadi? Yep, hal ini terjadi karena kurang tepatnya seseorang dalam mengalokasikan modal usaha yang sedang dibangun. Selain itu, bisa juga karena kamu tidak mampu bertahan melawan tantangan dalam membangun usaha dan tidak bisa mengelola modal dengan benar. Ditambah lagi, jika kamu salah memilih orang untuk menjalankan usahamu. Alih-alih membantu, dia malah membuat usahamu rugi. Duh, jangan sampai!

Maka dari itu, Woop memiliki cara yang bisa dijadikan referensi saat kamu ingin membangun usaha yang sukses:

  • Carilah Role Model
5 Mitos yang Harus Kamu Tahu Saat Mencari Kerja - 2
5 Mitos yang Harus Kamu Tahu Saat Mencari Kerja - 2

Bukan bermaksud untuk ‘menyontek’ tapi dengan adanya role model, kamu akan tahu ke arah mana usahamu akan dibawa. Perlu diingat, orisinalitas tetap penting dalam membangun usaha ya! Untuk itu, carilah role model yang telah sukses yang bisa dijadikan contoh. Setelah itu, pelajarilah ilmu yang mereka miliki dengan baik.

  • Mencari Rekan Kerja yang Sejalan
5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja - 0
5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja - 0

“Dua kepala lebih baik daripada satu” Begitulah kata pepatah. Untuk membangun usaha memang dibutuhkan lebih dari satu orang, karena dengan begitu kamu bisa menjalankan usahanya sesuai yang diinginkan. Maka dari itu, carilah rekan kerja yang sejalan dengan visi dan misi-mu. Kehadiran rekan kerja juga akan memperkuat jalinan usahamu yang akan kamu bangun. Selain itu, bantuan ide dan modal tersebut tentunya akan membuatmu lebih ringan dalam memikul beban dalam memulai usaha.

  • Cari Karyawan Terbaik
5 Alasan yang Perlu Dipelajari Jika Selalu Gagal Dapat Kerja - 1
5 Alasan yang Perlu Dipelajari Jika Selalu Gagal Dapat Kerja - 1

Untuk membuat usaha lebih berkembang, cobalah untuk merekrut karyawan yang bisa membantu usahamu. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih karyawan. Hal pertama dan yang terpenting adalah mencari karyawan dengan sikap yang baik. Selebihnya, pastikan calon karyawan bersedia untuk membantumu mencapai visi dari usaha yang sedang kamu jalani.

Baca: Peneliti: Dear Bos, Penting Menghargai Kerja Karyawannya!

  • Pelayanan Paling Utama
Sering Tersenyum di Tempat Kerja Bikin Kesehatan Terganggu - 0
Sering Tersenyum di Tempat Kerja Bikin Kesehatan Terganggu - 0

Apa pun usahanya, kamu harus memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen yang menggunakannya. Pastikan kamu dan konsumen memiliki hubungan dan komunikasi yang baik. Jangan lupa juga untuk selalu bersikap jujur dan transparan, karena hal itu bisa menumbuhkan kepercayaan. Saat kepercayaan itu muncul, kamu akan lebih mudah untuk melakukan promosi.  

  • Buatlah Perhitungan Secara Rinci
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Untuk memulai usaha, pastikan kamu memperhitungan semuanya dengan terperinci. Kamu harus tahu berapa banyak orang yang dibutuhkan dan akan dikeluarkan untuk membangun usaha. Mulai dari membangun sebuah toko atau sewa toko, gaji karyawan, hingga hal-hal kecil lainnya. Jangan lupa untuk memasukkan anggaran itu dalam jumlah hari produktifmu membuka usaha dalam satu tahun. Sehingga kamu akan mengetahui angka dasar dan jumlah penghasilan minimal per hari yang harus didapatkan.  

Selanjutnya: Wahai para pria, dengarkan apa kata perempuan tentang produk-produk perawatan rambut ini.