5 Cara Kembali Produktif Bekerja (Setelah Liburan)

5 Cara Kembali Produktif Bekerja (Setelah Liburan)
ISTOCK

Sudah waktunya untuk kembali ke realita dan melakukan aktivitas rutin, yaitu bekerja. Biasanya yang sering terjadi adalah rasa malas untuk kembali menghadapinya. Nah, untuk kembali rajin dan produktif bekerja, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Setelah puas menikmati long weekend, sekarang waktunya untuk kembali ke rutinitas yaitu bekerja. Biasanya untuk kembali bekerja, rasa malas akan kamu hadapi sehingga ritme kerjamu pun akan terganggu, dan semangat juga akan hilang. Well, hal ini biasanya disebut sebagai gejala post-holiday syndrome, di mana ditandai dengan kelelahan, kehilangan gairah, otot yang pegal dan perasaan tidak tenang. Jika kamu mengalami hal ini (sehabis libur panjang), jangan khawatir, ada beberapa cara untuk kembali meningkatkan semangat kerjamu di kantor.

  • Kembali Hidup Sehat

img

Libur panjang bisa berefek buruk, karena ‘mengizinkan’ kamu untuk bermalas-malasan, mengonsumsi makanan berlemak, dan melakukan berbagai ‘dosa’ lainnya. Agar aktivitas tetap berjalan dengan lancer setelah liburan, kamu tetap harus memerhatikan dan menjaga kebugaran fisik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap berolahraga teratur, mengonsumsi banyak air putih dan juga menjaga pola makan.

  • Datang Lebih Pagi

img

Yep, rasa malas tidak akan hilang setelah berlibur. Untuk kembali produktif adalah dengan memaksakan diri kamu untuk bangun dan datang lebih pagi ke kantor. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan.

  • Berikan Satu Hari untuk Beradaptasi

img

Memang akan sangat sulit untuk menyesuaikan diri dari keadaan santai menjadi sibuk kembali. Maka dari itu, ada baiknya untuk memberikan satu hari untuk beradaptasi ke rutinitas sebelum hari kerja. Selain akan memudahkan kamu untuk kembali fokus, hal ini juga dapat membantu kamu untuk menghindari perasaan lelah yang membuat kamu tidak dapat bekerja secara maksimal.

  • Jangan Terburu-buru Menyelesaikan Pekerjaan

img

Setelah liburan selesai, bersiaplah untuk melihat email masuk dari atasan maupun klien. Namun yang perlu kamu ingat, jangan terlalu memaksakan diri untuk membalasnya, karena akan berdampak pada efek relaksasi selama liburan (akan hilang). Akan lebih baik, jika kamu meluangkan waktu selama satu jam untuk membuat rencana prioritas pekerjaan terlebih dahulu.

  • Tentukan Tujuan Hidup Kembali

img