5 Cara Mengatur THR dengan Baik untuk Para First Jobbers

5 Cara Mengatur THR dengan Baik untuk Para First Jobbers
ISTOCK
5 Cara Mengatur THR dengan Baik untuk Para First Jobbers

Apakah kamu seorang first jobbers? Jika iya berarti untuk pertama kalinya kamu mendapatkan THR. Woop akan memberitahumu tentang memanfaatkan THR dengan baik agar tidak habis begitu saja.

Meski puasa baru memasuki minggu kedua namun sudah banyak yang membicarakan tentang Tunjangan Hari Raya (THR). Apakah kamu salah satunya? Mendapatkan THR adalah hak bagi para pekerja yang sudah ditentukan oleh negara. Sesuai dengan namanya, THR dibayarkan oleh perusahaan saat Hari Raya tiba. Besaran nominalnya pun sebesaran satu kali gaji yang didapatkan selama sebulan. Berbicara tentang THR, biasanya banyak yang menggunakannya untuk membeli kebutuhan buat Lebaran.

Bagi kamu seorang first jobbers yang baru mendapatkan THR untuk pertama kalinya, hal ini yang paling ditunggu-tunggu selama bekerja. Dengan uang THR, kamu bisa membeli berbagai barang yang kamu inginkan. Namun ada juga yang bingung menggunakan uang THR untuk apa. Sebenarnya, banyak cara untuk memanfaatkan THR dengan baik tanpa harus menghabiskannya. Mau tahu caranya? Simak tips berikut ini.

  • Kebutuhan Lebaran

img

Namanya saja Tunjangan Hari Raya, di mana memang diprioritaskan untuk keperluaan merayakan Lebaran (tanpa harus mengusik gajimu). Salah satunya adalah untuk mudik. Kamu bisa mengalokasikan dana THR untuk biaya transportasi ke kampung halaman. Selain itu, kamu juga bisa membantu membelikan makanan dan minuman untuk jamuan Lebaran di rumah. Dan yang paling penting adalah kamu boleh menggunakan uang THR untuk membeli pakaian, aksesoris, make up, ataupun perlengkapan salat baru yang digunakan saat Lebaran nanti. Anggap saja ini sebagai ‘hadiah’ Lebaran untuk diri sendiri setelah bekerja keras di kantor.

  • Zakat, Sedekah, dan Infaq

img

Penting sekali! Sebelum kamu memenuhi kebutuhan Lebaranmu dengan barang-barang baru, jangan lupa untuk menyiapkan dana khusus yang diperuntungkan untuk membayar zakat fitrah (salah satu kewajiban bagi umat muslim menjelang Lebaran). Seiring kemajuan teknologi, saat ini membayar zakat, infaq, dan sedekah pun bisa dilakukan secara online.

  • Melunasi Utang

img

Selain untuk berbelanja, uang THR bisa kamu manfaatkan untuk melunasi utang yang kamu miliki, seperti cicilan dan membayar tagihan kartu kredit. Saat utang lunas sebelum lebaran, hati akan ikut tenang menjalani Lebaran. Sebisa mungkin hindari juga belanja kebutuhan Lebaran dengan menggunakan kartu kredit agar tidak terjebak dengan utang baru di kemudian hari.

  • Memberi Salam Tempel

img

Bila waktu kecil yang selalu diberikan salam tempel dari orang-orang yang sudah bekerja, sekarang saatnya untuk membalasnya. Siapkan sejumlah uang dengan nominal kecil untuk dimasukkan ke amplop dan berikan kepada keponakan atau sepupu yang masih kecil. Jangan khawatir dengan nominal yang kamu berikan karena mereka bisanya tidak terlalu memikirkan besaran nominal yang kamu berikan.  

  • Menjadikan Dana Cadangan dan Investasi

img

Yep, usahakan untuk menyisihkan sekitar 10% uang THR untuk ditabung. Jika kamu termasuk yang berpikir jauh ke depan, THR bisa menjadi modal investasi yang bagus. Salah satu caranya adalah dengan membeli perhiasan emas,yang selain bisa dipakai saat Lebaran juga menjadi sarana investasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyisihkan sebagian THR untuk modal deposito atau reksadana. Sebelum berinvestasi, pelajari baik-baik dulu dan bisa juga minta pertimbangan dari teman atau saudara yang sudah berpengalaman melakukan investasi agar tidak tertipu investasi yang tidak jelas.

Selanjutnya: Sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga lebih bisa membuat kita bahagia dibandingkan dengan uang? Benarkah begitu? Temukan jawabannya di sini.