Banner

5 Cara Mengatur Uang Agar Mandiri Secara Finansial

5 Cara Mengatur Uang Agar Mandiri Secara Finansial
ISTIMEWA

Jangan pernah menyepelekan masalah keuangan. Lakukan lima cara yang bisa diterapkan dengan mudah dihidupmu. 

Apakah kamu adalah orang yang pintar dalam mengatur keuangan? Jika iya, Woop hanya ingin memberikan selamat padamu. Mengatur keuangan menjadi hal yang sangat tricky dan perlu kehati-hatian. Apalagi jika usiamu terbilang masih sangat muda. Banyak hal yang kita inginkan dari penghasilan yang kita dapatkan, misalnya membeli barang-barang yang sudah diimpikan dari dulu. Namun di sisi lain, kamu juga berpikir soal masa depan. Nah, agar kedua hal tersebut bisa berjalan bersama, ada beberapa tips sederhana tentang keuangan yang bisa kamu terapkan di kehidupanmu, demi mendapatkan keuangan yang stabil.

Kreatif

img

Cobalah menjadi kreatif. Orang yang memiliki pemikiran kreatif bisa memberikan keuntungan untuk dirinya sendiri. Kamu bisa menciptakan sesuatu yang mungkin bisa menghasilkan uang. Cukup mulai dengan hal-hal yang kamu sukai, misalnya jika kamu suka masak, kamu bisa membuka bisnis makanan dengan konsep yang berbeda dari yang lainnya. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Jangan Lupa Bernegoisasi Gaji

img

Hal ini menjadi penting kalau kamu ingin mempunyai keuangan yang stabil. Jangan pernah mau menerima begitu saja gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tempatmu bekerja. Cobalah untuk menegoisasikan besaran upah pokok dan fasilitas tunjangan, serta bunos yang akan didapatkan ke depan setelah kamu bekerja nantinya. Tidak usah sungkan, karena hal ini sangat wajar dilakukan (selama tidak melanggar etika dalam bekerja). Tentunya, mendapatkan finansial yang sesuai keinginanmu bisa membuatmu merasa aman untuk menjalani masa depan.

Melakukan Side Job

img

Meskipun sudah mempunyai pekerjaan tetap, tapi kamu masih merasa penghasilan yang didapatkan itu kurang. Jika itu yang dirasakan, cobalah cari pekerjaan tambahan yang bisa kamu lakukan, misalnya menjadi seorang fotografer pernikahan di akhir pekan. Dengan waktu yang fleksibel (karena kamu bisa membagi waktu antara pekerjaan dan side job), uang yang kamu dapatkan juga akan menambah.

Menabung

img

Woop selalu mengingatkan kepadamu untuk jangan lupa menabung. Karena dengan menabung, kamu bisa membuat berlatih mengatur pengeluaran agar tidak over budget. Tidak hanya itu, kamu bisa melatih kesabaran, dan menahan diri untuk berbelanja. Tapi yang harus diingat, bukan berarti saat kamu punya banyak uang, kamu tidak perlu menabung, tetap sisihkan seperempat dari penghasilan untuk ditabung.  

Manjakan Diri

img

Tidak ada salahnya untuk memanjakan diri sendiri sesekali. Nikmatilah hasil kerja kerasmu, belilah apapun yang kamu sukai, entah itu buku, baju, atau melakukan liburan singkat yang sudah lama kamu impikan. Tapi tetap yang harus kamu ingat, mempunyai uang memang menyenangkan, tapi tetap perlu mengaturnya agar tetap stabil.

Selanjutnya: Menjaga isi dompet agar tetap stabil memang cukup susah apalagi jika kamu memiliki kebiasaan yang ‘tidak baik’ dalam menggunakan uang. Bisa-bisa kamu ‘miskin’ sebelum waktunya. Oleh karena itu, jauhkan 5 kebiasaan kecil ini dari hidupmu.