5 Cara Sehatkan Keuangan Pasca Lebaran

5 Cara Sehatkan Keuangan Pasca Lebaran
SHUTTERSTOCK

Bagaimana Lebaranmu? Bagaimana keuanganmu? Jika keuanganmu sedang kritis. Apa yang harus dilakukan?

Lebaran telah usai, sekarang waktunya untuk kembali ke realita dunia. Selain itu, banyak hal yang harus kita pikirkan setelah merayakan Lebaran dari kampung halaman, salah satunya biaya hidup sehari-hari. Alih-alih merayakan Lebaran dengan uang banyak, tapi kamu malah lupa untuk menyisihkan uang untuk biaya kebutuhan setelah hari raya. 

Ibarat pepatah, nasi sudah menjadi bubur. Kamu hanya bisa meratapi nasib ‘mendadak miskin’ dengan hanya mempunyi sedikit uang dari sisa Lebaran kemarin, sambil berpikir apakah cukup sampai akhir bulan. Jangan bersedih dan gundah, ada beberapa cara yang sebenarnya bisa membantu menyehatkan keuanganmu kembali. 

  • Cek Kembali Kondisi Keuanganmu

Sama seperti tubuh, uang juga perlu diperiksa. Kamu harus tahu apakah keuanganmu sedang mengalami ‘sakit’ atau tidak pasca Lebaran ini. Jadi sangat disarankan untuk memeriksa kembali pengeluaran-pengeluaran yang sudah kamu buat. Ini bisa kamu membatasi keuangan selama sebulan. Jangan lupa untuk memisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuanganmu. 

  • Menyusun Kembali Anggaran

Menyusun anggaran itu sangat penting. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menyusun kembali anggaran pengeluaranmu bulan ini. Karena hal ini dapat membantumu menyehatkan masalah keuanganmu pasca Lebaran. Pastikan untuk membatasi pengeluaran bulanan, selain kebutuhan sandang dan papan. Misalnya kamu biasa mengeluarkan uang sebesar Rp300 ribu setiap bulannya untuk internet, kamu bisa mengurangi biaya menjadi Rp100 ribu per bulan. Lalu sisa dana dari penghematan itu dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti uang makan atau transportasi bekerja.

img

  • Batasi Pengeluaran Harian

Jika biasanya kamu sering makan siang di luar kantor, cobalah mulai sekarang untuk membawa bekal dari rumah. Hal ini tentu saja dapat menolong keuanganmu usai merayakan Lebaran. Selain itu, dengan membawa bekal bisa menjaga pola makanmu lebih benar dan lebih sehat. Bagi kamu yang lebih sering membawa mobil, jika kamu ingin irit cobalah untuk memilih menaiki kendaraan umum guna menekan biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan.

  • Atur Biaya Harian

Salah satu cara untuk irit adalah dengan cara menetapkan berapa biaya yang boleh kamu keluarkan setiap harinya. Misalnya, setiap hari kamu menetapkan Rp60 ribu untuk kebutuhan belanja saja. Terapkan rencana biaya itu dengan konsisten. Ingat jangan bawa uang lebih banyak dari yang kamu butuhkan. Biasakan diri untuk menggunakan uang secukupnya. Agar kamu tetap memiliki uang sampai gajian tiba. 

  • Jangan Beli Barang

Berhentilah membeli barang sementara waktu. Dalam situasi krisis pasca Lebaran seperti ini, menahan diri dari godaan belanja barang-barang yang kamu suka, namun tidak terlalu dibutuhkan itu sangat disarankan. Bersabar sampai keuanganmu kembali normal seperti sedia kala.

Selanjutnya: Mana yang lebih baik mencuci muka dengan facial brush atau tangan? Jawabannya ada di sini
Loading Facebook Comment ...