5 Etika Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha Jika Mau Sukses

5 Etika Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha Jika Mau Sukses
ISTOCK

Kamu adalah seorang pengusaha? Atau baru berniat menjadi seorang pengusaha? Tentunya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah mudah. Kamu harus memiliki lima etika berikut ini.

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses? Semuanya pasti menginginkannya. Menjadi seorang pengusaha tentunya bukan sesuatu yang mudah, banyak hal yang harus dimiliki dan mengerti dalam satu waktu. Salah satunya adalah etika.

Semua orang pasti memiliki etika untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Sebagai norma ‘baik dan buruk’ dalam berperilaku, etika juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan kata lain, etika yang dikenal dengan etika bisnis ini adalah tentang cara berperilaku kepada konsumen maupun karyawan agar usahanya menghasilkan profil/keuntungan yang banyak dan tentunya dalam membuat keputusan yang baik untuk perusahaan. Selain itu, pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang memiliki etos kerja dan etika baik dalam usaha atau hubungannya dengan pekerja ataupun koleganya. Berikut adalah lima etika bisnis yang wajib dimiliki seseorang untuk menjadi pengusaha sukses:

  • Etika #1: Jujur

img

Semua orang itu baik, tapi tidak semua orang itu jujur. Jujur menjadi hal yang mendasari segala perbuatan dan tindakan yang akan dilakukan. Jika pengusaha memiliki sikap ini pada dirinya sendiri, karyawan dan konsumen, maka hasil yang diperoleh dalam usahanya pun akan maksimal. Karena dengan bersikap jujur, seseorang akan mendapatkan kepercayaan masyarakat luas yang juga akan membuat perusahaan mendatangkan keuntungan yang banyak dan terus menerus.

  • Etika #2: Bersikap Dewasa

img

Siapa yang ingin bekerjasama dengan orang yang bersikap seperti anak kecil? Tidak ada! Bersikap dewasa berkaitan dengan pola pikir yang kamu miliki. Semakin dewasa cara berpikir seorang pengusaha juga akan semakin matang, apalagi dalam menjalankan usahanya dalam mengambil keputusan yang matang dan berlogika. Sikap ini diperlukan juga dalam kaitannya “mengasuh” para karyawan dan konsumen. Tentunya, sikap dewasa ini tidak berkaitan dengan usia seseorang, tapi tentang cara berpikirnya.

  • #3 Lapang Dada

img

Lapang dada yang dimaksudkan adalah bagaimana cara kita menerima lawan bicara dengan berbagai perbedaan logat dan nada suara. Tentunya, seorang pengusaha tidak boleh cepat marah, emosi, kesal ataupun minder dalam berkomunikasi. Menjaga emosi juga menjadi hal terpenting dalam berwirausaha karena sangat sering bersinggungan dengan orang berkarakter berbeda-beda. Jika tidak dapat menahan emosi maka dapat menimbulkan kerugian pada usaha yang dikembangkan. Jangan karena hal sepele, usaha yang sudah kamu bangun susah payah, hancur begitu saja.

  • Etika #4: Berpenampilan Baik

img

Yep, penampilan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Khususnya bagi seorang pengusaha. Penampilan akan menunjukkan siapa seseorang tersebut. Maka suatu keharusan menjaga penampilan tetap pria di segala kesempatan. Biasanya, dengan memiliki penampilan yang baik, konsumen ataupun calon konsumen akan lebih percaya.

  • Etika #5: Bersikap dan Berbahasa yang Baik