Banner

5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Karier

5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Karier
ISTOCK

Bagi banyak perempuan, kesuksesan itu sangat penting. Oleh karena itu, Woop menyarankan untukmu untuk jangan pernah melakukan lima kebiasaan buruk ini, jika ingin meraih kesuksesan dalam karier. 

Siapa sih yang tidak ingin sukses dalam pekerjaan? Semua orang pasti menginginkannya. Tapi untuk meraih kesuksesan tentunya tidak mudah, kita harus bekerja keras (kalau bisa sampai titik darah penghabisan) dan menggunakan berbagai cara untuk meraihnya. Namun yang paling sering terjadi, banyak perempuan yang sulit mendapatkan kesuksesan hanya karena sebuah kebiasaan yang tanpa sadar menghambatnya. Selain itu, perempuan juga sering tidak percaya diri dengan dirinya, sehingga tidak siap bersaing padahal mereka memiliki kemampuan dan keinginan yang besar. Jadi, sekarang saatnya untuk kamu mengetahui kebiasaan buruk yang tanpa disadari bisa menghambat kariermu di masa depan.

  • Tidak Percaya Diri

Yep, jika kamu adalah orang yang tidak percaya diri, maka sebaiknya segera hilangkan ketidak percayaan dirimu. Pasalnya, saat ada seseorang memberikan pujian pada penampilnmu, kamu malah berkilah dan malah menunjukan sikap rendah hati dan tidak percaya diri. Sebenarnya, yang harus kamu lakukan hanya mengucapkan terima kasih kepadanya. Bukan bermaksud untuk narsis, tapi menerima pujian dari prestasi yang kita telah buat adalah hal yang harus diterima oleh kita. Agar orang-orang bisa menerima kita dengan baik.

  • Jual Mahal

Sebagaian besar perempuan memiliki sifat ‘jual mahal’ dalam beberapa hal. Namun jangan pernah menerapkannya di dalam karier yang sedang kamu rintis. Perempuan merasa sangat sulit meminta sesuatu yang sebenarnya pantas mereka dapatkan. Cobalah untuk menghilangkan sifat tersebut, dan tampil dengan percaya diri, serta yakin untuk mendapatkan apa yang menjadi hak kamu.  

img

  • ‘Lebih Baik Membantu daripada Meminta’

Banyak perempuan yang memang sulit meminta apa yang diinginkan. Baginya, memberi lebih baik daripada meminta bantuan kepada orang lain. Jika itu yang menjadi mindset mu, cobalah untuk merubanya. Jangan pernah menganggap sesuatu yang belum pernah kamu coba itu tidak cocok kepadamu (‘bukan kamu banget’). Intinya, jika kamu baik kepada seseorang, orang itu pun akan baik denganmu.

  • Tidak Enak Hati

Siapa yang punya sifat seperti ini? Sepertinya mulai sekarang kamu harus mulai menghilangkan sifat tersebut. Karena sifat merasa ‘tidak enakan’ bisa berdampak buruk pada emosi seseorang dan akan membuat orang lain menjadi kurang respek kepada kita. Oleh karena itu, mulailah untuk langsung to the point dan memberanikan diri saat ingin berbicara kepada seseorang, tanpa harus merasa tidak enakan.

  • Selalu Ingin Terlihat Sempurna

Siapa yang tidak ingin tampil sempurna? Semuanya menginginkannya. Memang, tidak salah dan wajar saat seseorang ingin tampil sempurna. Tapi, yang sering dirasakan adalah kita malah merasa khawatir membuat kesalahan, padahal hal itu bisa menghilangkan kesempatan dalam mengembangkan karier. Daripada terjebak dalam kesempurnaan, lebih baik kamu berhenti bermain aman dan berani mengambil risiko. Siapa tahu dengan bersikap seperti itu justru kamu bisa mendapatkan kesempatan promosi jabatan karena perubahan yang kamu buat.

Selanjutnya: apa kamu sedang berpikir ingin mengundurkan diri dari tempat kerja? Tapi kamu malah takut menjadi pengangguran. Jangan khawatir! Ada 5 cara efektif yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion.