5 Kesalahan Karier Paling Fatal yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan Karier Paling Fatal yang Sering Dilakukan
SHUTTERSTOCK

Woop hanya berpesan: Jangan pernah melakukan kesalahan di bawah ini dalam kariermu!

Untuk kamu yang baru ingin memulai karier atau sudah menjalankannya pasti itu tidak mudah. Ada banyak hal yang harus kita pelajari agar bisa mencapai kesuksesan. Namun kesalahan demi kesalahan pun tidak bisa kita lewatkan dengan mudah.

Ada banyak kesalahan yang berpotensi merusak karier, seperti proyek tidak berjalan sesuai rencana atau e-mail grup yang kita kirim ke orang secara tidak sengaja. Namun-terkadang, kesalahan karier yang tidak kita ketahui dan hal-hal yang gagal kita lakukan pada akhirnya memiliki dampak paling signifikan terhadap karier. Berikut adalah lima kesalahan fatalyang bisa merusak kariermu

Kurang memiliki tujuan karier

istock
ISTOCK

Banyak dari kamu memiliki pekerjaan tapi tidak punya visi yang lebih besar untuk kariermu sendiri. Ketika kamu tidak memiliki gambaran yang lebih besar tentang arah karier yang sedang dijalankan, kita sering menemukan bahwa meski pandai dalam memenuhi tujuan perusahaan, secara pribadi merasa tanpa arah. Saat ini terjadi, kamu harus melangkah mundur dan mengambil pandangan yang lebih luas tentang keterampilan, bakat, dan apa yang bermakna bagimu sehingga dapat mengembangkan strategi karier yang jelas.

Hanya terjebak dalam rutinitas karier

Jangan Langsung Sedih, Ini Manfaat Jika Lamaran Kerja Ditolak - 3
SHUTTERSTOCK

Tanpa koneksi ke visi yang lebih besar, kamu mungkin berada dalam pekerjaan yang bagus tapi tidak hebat. Bayarannya baik-baik saja tapi kamu tidak merasa terlibat atau memiliki energi. Kamu mungkin akan bosan dan takut pada hari Senin, pekerjaan pun tidak akan selesai. Tentunya, hal ini akan berbahaya untuk citra pribadimu dan pekerjaanmu. Jangan lupa juga untuk selalu menyeimbangkan kehidupan kerja dengan sosialmu. 

"Rumput tetangga selalu lebih hijau"

Perhatikan Hal Ini Agar Betah Seharian di Meja Kerja - 2
SHUTTERSTOCK

Tanda lain bahwa kamu tidak memiliki visi karier yang jelas adalah jika terus berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, peran ke peran, tanpa alasan apa pun. Sementara itu, para pekerja sekarang berganti pekerjaan rata-rata setiap tiga hingga lima tahun sekali. Hal ini akan bisa mengacaukan kariermu jika kamu terus memulai dari awal lagi tanpa merasakan bagaimana langkahmu sesuai dengan tujuan jangka panjang. Pertumbuhan bukan hanya tentang menemukan peluang baru; ini tentang menemukan peluang yang tepat.

Gagal menjadi tim leader

Jauhi! Penyebab Stres Tertinggi di Tempat Kerja - 1
SHUTTERSTOCK

Memiliki keterampilan yang baik adalah awal yang penting, tetapi jika kamu ingin memajukan kariermu, kamu tidak boleh membuat kesalahan dengan mencoba memikirkan semuanya sendiri. Kamu membutuhkan orang yang kita percayai yang telah berjalan di jalan yang diinginkan. Jadi saatnya untuk menjadi tim leader yang baik dan tidak egois.