5 Kesalahan Pakai Kartu Kredit yang Sering Dilakukan Perempuan

5 Kesalahan Pakai Kartu Kredit yang Sering Dilakukan Perempuan
ISTIMEWA

Apakah kamu seorang pengguna kartu kredit? Jika iya, cobalah untuk tidak melakukan lima kesalahan ini.

Yep, kartu kredit memang menggiurkan dan memudahkan hidup. Dengan limit tertentu, seolah kamu bisa membeli segala hal yang diinginkan. Hanya dengan sekali gesek, kamu bisa membawa pulang barang yang diimpikan selama ini. Namun yang terjadi, kita malah sering berlebihan menggunakan kartu kredit dan lupa bahwa semua itu harus dibayar pada akhirnya. Ketika tagihan masuk, barulah kita menyadari pengeluaran yang harus dibayarkan lebih banyak daripada pendapatan. Oh, No!

Meski demikian, ada cara untuk mengatasi masalah keuangan dalam menggunakan kartu kredit, agar kamu lebih bijak dan juga mengetahui kesalahan yang kamu buat selama ini. Berikut adalah  lima kesalahan yang sering dilakukan oleh perempuan dalam penggunaan kartu kredit:

Tidak Rutin Mengecek Segala Informasi (Khususnya Masalah Pengeluaran dan Tagihan)

Satu kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan kartu kredit adalah tidak rajin mengecek pengeluaran. Sehingga, hal itu membuat tagihanmu membengkak tanpa kamu sadari. Seorang Founder & COE Harvest Platform, Nami Baral menyarankan memiliki jadwal rutin untuk mengecek informasi pengeluaran kartu kredit kamu. Sehingga, kamu bisa membatasi dan memahamii segala jumlah yang harus dibayarkan.

Menjadikan Kartu Kredit Sebagai ‘Tabungan Darurat’

Banyak orang menjadikan kartu kredit sebagai tabungan untuk kondisi darurat. Padahal hal itu sangat tidak disarankan. Menurut Alexa von Tobel, CEO dan pendiri LearnVest, perusahaan konsultan keuangan, amatlah penting bagi kamu untuk memiliki uang saku yang cukup untuk kehidupan selama setidaknya satu bulan. Namun idealnya, kamu harus terus menyimpan tabungan darurat hingga sekitar enam bulan lamanya. Sehingga kamu memiliki dana yang selalu siap di kala darurat dan tak menjadikan kartu kredit sebagai penyangga kebutuhan.

img

Membayar Tagihan Minimum

Tidak hanya lupa mengecek informasi tagihan, tapi banyak perempuan yang sering membayar kartu kredit dengan tagihan minimum pada pengeluaran bulanan mereka. Apakah kamu salah satunya? Padahal, berapa pun sisa dari tagihan tersebut akan terus meningkat setiap bulannya akibat bunga dari bank. Solusinya adalah dengan mencoba untuk mengatur kartu kredit dengan fitur auto pay sehingga kamu bisa langsung membayar segala bentuk tagihan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu pun akan lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Tidak Memperhatikan Waktu Tenggang