Banner

5 Kesalahan Perempuan Jomblo Saat Mengatur Keuangan

5 Kesalahan Perempuan Jomblo Saat Mengatur Keuangan
ISTOCK

Apakah kamu sedang jomblo dan bekerja? Bagaimana masalah keuanganmu? Coba introspeksi diri, apakah kamu sering melakukan lima kesalahan ini?

Sebagai perempuan single, biasanya mereka memilki kondisi keuangan lebih ringan dibandingkan yang sudah menikah (apalagi memiliki anak). Namun siapa bilang perempuan single tidak memiliki tanggung jawab? Meskipun belum berkeluarga bukan berarti kita bisa bebas menggunakan uang sesuka hati yang membuat boros bahkan tak punya tabungan. Duh! Maka dari itu, mulailah fokus untuk merencanakan dengan pasti keuangan agar masa depan lebih terjamin. Mulailah untuk tidak melakukan lima kesalahan dalam menanta keuangan, seperti di bawah ini:

Tidak Menyiapkan Dana Pensiun

img

Hal pertama yang tidak dilakukan oleh banyak perempuan adalah tidak menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Padahal hal ini sangat penting! Semakin awal memulai dana pensiun, semakin besar juga tabunganmu di hari tua nanti. Cobalah untuk memulai mencari tahu informasi mengenai investasi dan asuransi yang bisa memproteksi diri. Tidak ada salahnya bukan menyisihkan sebagaian uang untuk masa tua?

Membuka Rekening Bersama Saat Masih Berpacaran

img

Hayo, siapa yang melakukannya? Sepertinya sebagian orang pernah melakukannya. Woop hanya ingin bilang sebaiknya kamu harus lebih bijak lagi memikirkan apa tujuan dan dampak dari hal ini. Memang tidak dilarang saat kamu ingin membuka rekening bersama dengan pasanganmu. Tapi lebih baik hal ini dilakukan saat kamu sudah resmi menikah dengannya. Kalau belum, lebih baik pikir seribu kali, daripada nanti malah terjadi konflik yang tidak diinginkan, apalagi jika kamu dengannya mendadak putus.

Belum Memiliki Prioritas Keuangan

img

Single berarti bebas. Namun hal ini bukan berarti kamu tidak memiliki prioritas keuangan bukan? Cobalah untuk biasakan diri sejak dini mdmulai membuat pos-pos keuangan. Misalnya, membuat pos hutang untuk mengetahui tagihan yang masih belum terbayarkan, membuat pos pengeluaran bulanan, membuat pos tabungan untuk dana darurat, dan mungkin membuat pos tabungan untuk traveling. Dengan demikian, kamu bisa mengatur ke mana saja mengalirnya pendapatan/gaji tanpa khawatir ‘kebobolan’.

Menggabung Gaji dan Tabungan

img

Ah, ini yang sering tidak kita sadari bahwa hal ini bisa membuat kantong ‘kosong’ dengan cepat. Kenapa? Karena hal ini akan menyebabkan terjadinya pengeluaran yang tidak penting. Untuk menghindarinya, sebaiknya bukalah satu rekening baru yang dikhususkan untuk tabungan (tanpa harus menggunakan kartu debit). Hal ini bisa membantumu ketika memiliki kondisi yang mendesak, karena bisa menjadi penolong.

Menunda Membayar Tagihan

img

Siapa yang sering menunda-nunda? Khususnya dalam membayar seluruh tagihan. Sudah menjadi ‘penyakit’ setiap bulan membuat hal ini harus segera diobati. Saat seluruh tagihan keluar, segeralah melunasinya agar beban keuanganmu berkurang.

Selanjutnya: yep, saatnya kamu akan menikah. Sebelum menuju hal itu, cobalah untuk membahaslima hal ini dengan pasanganmu.