Banner

5 Mitos yang Harus Kamu Tahu Saat Mencari Kerja

5 Mitos yang Harus Kamu Tahu Saat Mencari Kerja
SHUTTERSTOCK

Mitos terjadi karena adanya kepercayaan yang ‘diyakini’ oleh banyak orang. Ternyata banyak mitos yang juga terjadi dalam hal pencarian kerja. Apa sajakah itu? 

“Jangan pernah duduk di depan pintu. Nanti susah mendapatkan jodoh.” Pernah mendengar kalimat tersebut dari ibumu? Yep, itulah mitos yang sudah tersebar di masyarakat. Percaya tidak percaya, banyak orang dulu percaya dengan mitos. Bagaimana denganmu? Tidak hanya dalam sebuah peruntungan jodoh dan kehidupan lainnya saja, mitos juga beredar dalam urusan karier. Bukan tidak mungkin juga kamu menjadi salah satu orang yang masih memegang erat kepercayaan terhadap mitos-mitos tersebut lho. Apa saja memang mitos yang beredar dalam urusan karier? 

Mitos #1: Kamu akan Mendapat Surat Balasan dari Perusahaan

img

Sebagai orang yang sedang melamar pekerjaan, tentunya kamu berharap akan mendapat balasan cepat dari perusahaan, baik berupa undangan untuk wawancara maupun sepotong surat penolakan. Namun sayangnya, perusahaan pada umumnya hanya akan mengirimkan respon kepada seseorang yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang diinginkan saja. Nah, biasanya hal ini yang sering membuatmu frustasi karena merasa ditolak. Tapi satu hal yang harus kamu ketahui bahwa hampir semua perusahaan tidak akan memberikanmu surat balasan saat kamu melamar kerja. 

Mitos #2: Jika Perusahaan Tidak Tertarik, Kamu Tak akan Mendapat Respon 

img

Perlu ketahui bahwa proses perekrutan akan memakan waktu cukup lama. Alasannya karena perusahaan perlu persetujuan dari departemen tertentu, proses persiapan wawancara yang masih berjalan, atau bahkan orang di posisi tertentu sedang tidak ada di tempat. Jika kamu belum juga mendapat panggilan dari perusahaan tersebut, tetaplah optimis dan beri waktu untuk lebih sabar menunggu. 

Mitos #3: Dengan Networking yang Luas, Kamu Bisa dengan Mudah Mendapat Pekerjaan

img

Yep, networking adalah salah satu faktor paling krusial dalam pencarian kerja, namun banyak faktor lain yang tidak kalah berpengaruh lho. Jika kamu tidak mempunyai banyak koneksi di awal perjalanan kariermu, jangan khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan sendiri. Sebenarnya banyak cara untuk bisa membangun koneksi dengan seseorang. Misalnya sering mengajak orang lain berbicara. 

Mitos #4: Karakter yang Baik akan Mudah Membuatmu Maju Dalam Karier

img

Memiliki karakter yang baik dan rajin memang penting dimiliki banyak orang, tapi kebanyakan perusahaan tetap mengutamakan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dicari. Jadi tidak hanya karakter saja yang wajib ada dalam dirimu, pendidikan dan pengalaman juga menjadi kualifikasi untuk membangun karier.  

Mitos #5: Banyak Mengirimkan Resume ke Berbagai Perusahaan Akan Memperbesar Peluang 

img

Tampak logis untuk menjadi alasan. Namun ternyata dengan mengirimkan banyak resume kepada perusahaan akan bisa membuatmu kesulitan untuk dilirik. Lho? Dari pada mengirimkan résumé blast, lebih baik kamu terlebih dahulu melakukan riset ke beberapa perusahaan yang diincar, lalu cobalah untuk mengutak-atik CV dan cover lettermu agar sesuai dengan kriteria kandidat yang mereka cari. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu telah mempelajari tentang perusahaan itu dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

Selanjutnya: Merasa badanmu kurang tinggi? Woop punya cara untuk membantumu meninggikan badan dengan olahraga ini