5 Prinsip Finansial yang Harus dipahami Agar Terbebas dari Utang

5 Prinsip Finansial yang Harus dipahami Agar Terbebas dari Utang
ISTOCK
5 Prinsip Finansial yang Harus dipahami Agar Terbebas dari Utang

Uang memiliki peran penting dalam kehidupan. Jangan sampai kita malah ‘miskin’ di hari tua nanti. Pahami lima prinsip ini agar tidak miskin karena utang di hari tua.

Siapa yang tak butuh uang, semua orang membutuhkannya. Tidak hanya untuk melakukan jual-beli, tapi uang juga bisa membuat hidup kita bahagia. Dengan memiliki uang, hidup kita akan sejahtera sampai tua nanti. Namun banyak dari kita yang lupa untuk mengelola uang dengan baik saat masih muda sehingga hal itu menjadi salah satu penyebab kita jatuh miskin dan banyak utang.

Duh! Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dengan baik: membuat perencanaan keuangan maupun memahami prinsip keuangan pribadi. Selain itu, kamu juga harus memahami lima prinsip finansial agar keuanganmu tetap terjaga dengan baik. 

1. Terapkan Mindset yang Tepat

img

Siapa yang sering berutang? Rasanya mulai sekarang cobalah untuk menguranginya. Sebagian orang beranggapan bahwa utang adalah hal yang biasa saja. Padahal utang bisa menjadi musuh super jahat untuk kehidupan finansialmu lho. Karena dengan menumpuk utang hanya akan menambah bencana keuanganmu saja. Maka dari itu, ciptakanlah mindset yang benar untuk segera menyelesaikan utang yang kamu miliki. Jika tidak memilikinya, jangan pernah terlibat dengan urusan utang sekalipun. 

2. Memahami Keadaan Finansial Diri Sendiri

img

Melakukan perencanaan keuangan sangatlah penting untuk keadaan finanasial pribadimu. Pastikan untukmu mengetahui berapa banyak uang yang masuk, berapa banyak pengeluaran perbulan, dan berapa banyak uang yang harus ditabung, serta berapa banyak uang yang digunakan untuk melunasi utang. Jika sudah mengetahui ritme keuangan sendiri setiap bulannya, kamu bisa dengan mudah memulai membuat perencanaan keuangan untuk masa depan yang lebih berkualitas. 

3. Mencari Bantuan

img

Penting! Tidak hanya masalah kesehatan tubuh saja tapi kesehatan keuangan juga perlu diperhatikan. Bagi kamu yang memiliki utang kartu kredit dengan jumlah besar perbulannya, mungkin kamu memerlukan bantuan teman untuk mengingatkanmu agar lebih berhemat. Namun jika utangmu sudah berkisar hingga ratusan juta, ada baiknya untuk menggunakan jasa penasihat keuangan untuk membantumu mencari cara keluar dari masalah finansial tersebut. Karena meminta bantuan kepada para ahli justru akan membuatmu lebih mudah mengatasi permasalahan keuangan dan bisa mengatur keuangan dengan benar. 

4. Jangan Lupa Mengontrol Diri

img

Memang tidak salah memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang sangat diinginkan. Namun ada baiknya sebelum membeli, cobalah untuk melihat kemampuan finansialmu terlebih dahulu. Jika kamu memang tidak ada uang, jangan pernah memaksakan diri untuk membeli barang tersebut. Karena hal itu tentunya akan menjeratmu ke masalah utang ataupun kemiskinan ke depannya. Jadi jangan lupa untuk mengontrol diri dan mengetahui kemampuan finansialmu terlebih dahulu. 

5. Lakukan Perencanaan

img

Utang menjadi masalah yang rumit untuk dibenahi. Untuk keluar dari utang pun kita membutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Sebenarnya, tidak sulit untuk bisa melakukannya. Kamu hanya perlu memiliki perencanaan keuangan yang tepat dan tetap berkomitmen dalam menjalaninya. Rencana tersebut harus bisa melibatkan jumlah pemasukan, pengeluaran, tabungan, investasi, hingga dana darurat. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan keuanganmu tetap stabil. 

Selanjutnya: Masalah diskriminasi terhadap perempuan masih menjadi masalah yang tidak pernah selesai. Oleh sebab itu, jangan pernah melakukan empat bentuk diskriminasi ini lagi.