5 Sifat Orang Sukses yang Wajib Kamu Punya Jika Ingin Jadi Bos

5 Sifat Orang Sukses yang Wajib Kamu Punya Jika Ingin Jadi Bos
iStock

Kamu mau sukses dalam karier? Wajib punya lima sifat ini ya…

Banyak orang bilang kerja keras menjadi kunci kesuksesan. Namun dengan perubahan zaman dan budaya perusahaan, sekadar menjadi rajin bukanlah cara yang pasti untuk bisa mendaki tangga perusahaan.

Orang-orang sukses tidak hanya bekerja keras tapi juga menumbuhkan keterampilan dan kebiasaan penting lainnya sehingga mereka lebih unggul daripada orang lain. Apa saja sifat yang dimiliki orang sukses hingga bisa menggapai tempat tertinggi dalam perusahaan?

  • Sadar akan tujuan spesifikmu

Alih-alih memiliki tujuan umum seperti 'Saya ingin kaya' atau 'Saya ingin menjadi pengusaha’, cobalah untuk mewujudkan tujuan yang lebih spesifik dan jelas. Misalnya saja kamu memiliki target enam bulan ke depan bisa mendapatkan promosi, meningkatkan pendapatan bisnismu hingga 50%, atau beralih ke pekerjaan baru. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik maka bisa membantumu lebih termotivasi mencapai impianmu.

  • Mau belajar

Orang-orang sukses bekerja dengan pikiran terbuka dan mencoba mempelajari sesuatu setiap hari. Mereka menerima kesalahan, tidak memiliki sikap ‘seolah paling tahu segalanya’, dan terbuka untuk ide-ide baru. Orang sukses mengambil setiap situasi sebagai peluang untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan tidak ‘lari’ dari kondisi sulit.

img

  • Networking

Networking merupakan cara kita membangun hubungan profesional yang sehat dan mempertahankan reputasi yang baik. Ini membantumu untuk tetap update dengan tren industri, mempromosikan berbagai pengetahuan, mendapatkan ilmu baru, dan menerima saran terbaik dari orang-orang sukses pada saat dibutuhkan.

  • Kesabaran dan ketekunan

Konsep kesuksesan bisa diraih dalam semalam hanya ada di negeri dongeng, pada kenyataannya tak pernah ada. Dibutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan dalam setiap langkah menekuni kehidupan profesionalmu untuk mencapai tujuan.

Tidak ada jalan pintas untuk sukses. Kamu harus terus mengambil risiko, jangan biarkan kegagalan meruntuhkanmu, belajar dari kesalahan, dan bersyukur atas keberhasilanmu.

  • Optimis

Kamu tidak akan bisa puas dan maju dalam kehidupan profesional maupun pribadi jika pada dasarnya tidak optimis. Ingat, optimis itu baik untuk bekerja keras dan tetap fokus sama pentingnya untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Praktekkan rasa terima kasih dan harapan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selanjutnya: kamu merasa lebih stres belakangan ini karena pekerjaan? Ini hal yang perlu dilakukan saat pulang kantor agar tidak stres.