5 Tantangan Berat yang Harus Dilewati Wanita Karier

5 Tantangan Berat yang Harus Dilewati Wanita Karier
Thinkstock

Menjalani karier memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi untuk seorang perempuan. Ada lima tantangan terberat yang harus dilewati. 

Apa pun pekerjaannya selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Apalagi ketika kita sedang membangun karier yang diinginkan, tantangan akan selalu datang menghampiri dan sangat beragam sehingga bisa sangat menyulitkan untuk kita sebagai perempuan yang ingin segera sukses. Di zaman modern seperti sekarang ini, kita perlu mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh para perempuan yang memiliki karier disebuah perusahaan. Sebuah penelitian dari Rockefeller Foundation dan Thomson Reuters Foundation tentang ‘The biggest work challenges for women around the world’, ada lima tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh para perempuan di tempat kerja. Apa sajakah itu?

Kesenjangan Penghasilan

img

Ini yang masih menjadi masalah diberbagai negara besar. Dalam sebuah poling yang dilakukan ditemukan 4 dari 10 perempuan yang mengungkapkan bahwa penghasilan masih menjadi masalah paling besar di tempat kerja. Bahkan di negara besar seperti Amerika Serikat juga mengalaminya. Pada sebuah penelitian dari Institute for Women’s Policy Research (IWPR) perempuan imigran (berbeda warna kulit hitam) mendapat penghasilan yang lebih sedikit daripada perempuan berkulit putih. Selain itu juga, faktor usia juga memengaruhi jumlah penghasilan yang didapat. Kesenjangan penghasilan menjadi isu yang cukup mencemaskan dan jadi tantangan terberat perempuan dari berbagai negara dalam berkarier.

Pelecehan

img

Pelecehan memang menjadi masalah yang tidak pernah lepas dari perempuan dan selalu menuai pro-kontra. Di Amerika Serikat, kasus pelecehan pada perempuan di tempat kerja menempati posisi kedua tertinggi. Dari hasil survei pada penelitian, 61% perempuan mengatakan tidak pernah atau jarang ada yang melaporkan tindakan pelecehan di tempat kerja. Sementara di India, 53% perempuan bekerja mengungkapkan berani angkat bicara dan melaporkan tindak pelecehan yang didapat di tempat kerja. Menjadi salah satu masalah terberat yang diterima oleh perempuan, pelecehan di tempat kerja merupakan tantangan yang harus dilalui oleh perempuan.

Peluang Karier

img

Bagaimana kariermu selama bekerja? Stabil, meningkat atau malah menurun? Yep, peluang karier di tempat kerja juga menjadi masalah untuk seorang perempuan. Sekitar 47% perempuan yang disurvei di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pria memiliki akses yang lebih baik dalam perkembangan profesional dan kesempatan jenjang karier. Sementara, lebih banyak karier perempuan yang jalan di tempat. Perempuan juga sangat sulit untuk memulai bisnis. Kesenjangan dalam jenjang karier ini menjadi suatu hambatan yang terkadang membuat perempuan harus lebih berusaha dan bekerja ekstra keras untuk mencapai posisi yang diinginkan.