5 Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Dipanggil Interview

5 Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Dipanggil Interview
Tips Membuat CV yang Menarik

Berikut tips membuat CV yang menarik perhatian HRD yang harus kamu baca sebelum melamar pekerjaan!

Ketika mencari pekerjaan tentu kamu akan mengajukan lamaran. Saat melamar pekerjaan, hal paling utama yang sangat dibutuhkan adalah CV. CV (Curriculum Vitae) merupakan bentuk perkenalan diri agar perusahaan dapat melihat latar belakangmu dan memutuskan akan melakukan interview terhadap kamu atau tidak. CV sangat berperan penting dalam pencarian pekerjaan, karena CV merupakan dasar penentu sebuah perusahaan untuk merekrut karyawannya. Maka dari itu, penting untuk membuat CV yang dapat menarik perhatian HRD agar kamu dipanggil interview kerja.

Tips Membuat CV yang Menarik 

1. Desain simpel tetapi menarik

Desain CV dengan semenarik mungkin tetapi jangan berlebihan. Buatlah CV lebih berwarna tetapi tidak terkesan ‘ramai’. Pilih jenis font tulisan yang mudah dibaca dan sesuaikan warna background CV dengan warna font tulisan. Jangan lupa menyertakan foto diri kamu dengan gaya yang rapi, bukan selfie!

2. Singkat, padat, dan jelas

Singkat, padat, dan jelas - 5 Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Dipanggil Interview
Singkat, padat, dan jelas 

Hanya tuliskan informasi yang penting saja! Ceritakan dirimu dalam satu paragraf, di sana kamu sudah harus bisa merangkum dan menjelaskan ‘siapa dirimu’ sehingga HRD dengan mudah mengetahui minat dan potensi kamu dalam bekerja. HRD akan malas membaca CV yang terlalu panjang dan berbelit-belit.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai Passion

3. Hanya riwayat pendidikan terkini

Hanya riwayat pendidikan terkini - 5 Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Dipanggil Interview
Hanya riwayat pendidikan terkini

Walaupun kamu sudah bersekolah sejak TK, SD, hingga SMP, semua riwayat pendidikan itu tidak perlu dicantumkan di dalam CV. Cukup tuliskan 2 riwayat pendidikan terakhir kamu. Contohnya jika kamu sedang atau sudah lulus kuliah, cukup tuliskan riwayat pendidikan SMA dan Kuliah. Jangan lupa tuliskan tahun masuk dan tahun lulus riwayat pendidikan kamu.

4. Pengalaman bekerja dan organisasi

Tuliskan pengalaman bekerja dan pengalaman organisasi kamu sebelumnya, hanya tuliskan yang penting dan relevan dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Pengalaman kamu akan sangat memengaruhi keinginan HRD untuk memanggil kamu interview atau tidak.

5. Skill dan bidang pekerjaan yang diinginkan

Skill dan bidang pekerjaan yang diinginkan - 5 Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Dipanggil Interview
Skill dan bidang pekerjaan yang diinginkan

Tuliskan skill atau kemampuanmu, misalnya kamu handal dalam mengedit video atau yang lainnya. Tuliskan skill yang relevan dengan posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar, dan tentunya jangan lupa menuliskan bidang pekerjaan yang kamu inginkan!

Itulah beberapa tips membuat CV yang menarik agar bisa dipanggil interview. Semoga berhasil ya, ladies.

Selanjutnya: Apa pekerjaanmu sekarang? Ada prediksi beberapa pekerjaan tidak eksis lagi di 2022.

Loading Facebook Comment ...