5 Tips Mengatur Waktu di Tempat Kerja

5 Tips Mengatur Waktu di Tempat Kerja
ISTOCK

Apakah kamu orang yang pintar dalam mengatur waktu? Jika tidak, mungkin beberapa tips ini bisa membantumu mengatur waktu di kantor.  

Banyak orang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Apakah kamu setuju? Tapi apakah kamu juga pintar mengatur waktu dalam hidupmu, terutama dalam bekerja?

Sebagai karyawan, kita harus memiliki kemampuan mengatur waktu. Hal tersebut akan meningkatkan kinerja dan juga ternyata bisa berpengaruh langsung pada produktivitas perusahaan. Selain itu, bisa mengatur waktu dengan baik juga bisa memengaruhi keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Maka dari itu, jangan pernah terlambat untuk datang ke kantor dan melewatkan deadline, karena bisa-bisa pekerjaan yang kamu miliki terancam. Perlu diketahui bahwa konsep work smarter selalu lebih unggul dibandingkan dengan konsep work harder. Jadi Woop akan memberitahukanmu beberapa tips dalam hal mengatur waktu yang bisa kamu terapkan dalam hidupmu.

  • Selalu Membuat Jadwal

img

Sebagai karyawan yang harus berangkat kerja setiap pagi, terkadang membuat kita tidak memiliki waktu banyak untuk mengerjakan semua hal. Jika kamu merasakan hal itu, ada baiknya untuk kamu membuat jadwal pekerjaan. Buatlah di pagi hari atau malam--sebelum kamu tidur. Rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan besok hari. Aturlah sesuai prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Buat sebuah to-do list dan periksa progres pekerjaanmu sepanjang hari.

  • Mulailah Lebih Awal

img

Mulailah dengan datang tepat waktu dan langsung bekerja segera setelah tiba di kantor. Jika kamu membuang waktu hanya untuk bersantai setengah jam, maka yang akan terjadi, kamu harus membayar di penghujung hari. Jangan sampai kamu terpaksa lembur hanya karena tidak memulai lebih awal.

  • Belajar Memprioritaskan yang Terpenting

img

Selalu selesaikan porsi pekerjaan terpenting dan yang paling menghabiskan waktu dan energi paling banyak. Setelah selesai, kamu akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah.

  • Harus Fokus

img

Ketika kamu mengerjakan sesuatu, fokus saja pada satu pekerjaan itu. Karena multitasking tidak disarankan! Misalnya dalam menulis sebuah laporan, daripada berganti-gantian browsing, menulis, browsing, menulis, lebih baik selesaikan mencari data di internet sambil mengumpulkan semua materi yang kamu butuhkan. Kemudian fokus pada menulis laporan agar titik fokusmu tetap terjaga.

  • Manfaatkan Akhir Pekan

img

Kata siapa akhir pekan hanya digunakan untuk tidur-tidur saja. Tunggu dulu! Sebelum menjawabnya dengan penuh emosi, kamu harus tahu bahwa sedikit kerja di akhir pekan akan meringankan beban pekerjaanmu secara keseluruhan sepanjang minggu. Pilihlah beberapa pekerjaan mudah yang bisa kamu kerjakan.

Selanjutnya: Ketiakmu hitam? Coba atasi dengan enam bahan alami ini. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com