5 Tips Terbaik dalam Mengatur Keuangan Setiap Bulan

5 Tips Terbaik dalam Mengatur Keuangan Setiap Bulan
UNSPLASH

Apakah kamu termasuk orang yang susah untuk menabung? Woop akan memberitahukan cara terbaik agar kamu bisa mengatur keuanganmu setiap bulan. 

Di era modern seperti sekarang ini, banyak perempuan memiliki karier yang sukses dan menjanjikan, serta gaji yang besar juga didapatkannya. Meski keduanya sudah kamu miliki, jangan sampai hal ini malah menjadikan kamu orang yang boros, karena hobi menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Maka dari itu, sudah saatnya kamu harus bisa mengatur keuanganmu dengan bijak agar tabungan terhindar dari krisis di masa depan. Nah, untuk itu Woop ingin membagikan lima tips dalam mengatur keuangan yang bisa kamu contek.

  • Pisahkan Tabungan dan Investasi
daihatsu banner

Banyak orang bilang: “Jangan lupa untuk menabungkan paling sedikit 10% dari gajimu”. Namun selain tabungan, kamu juga bisa menginvestasikan sebagian pendapatan kamu untuk mempersiapkan dana pensiun ataupun tabungan investasi yang disertai asuransi jiwa.

  • Siapkan Dana Darurat

Memiliki penghasilan yang tinggi dan juga karier yang sukses mungkin Sudah cukup untukmu. Tapi karena roda kehidupan selalu berputar, maka ada satu hal yang tidak boleh kamu lupakan. Yep, selalu siapkan dana darurat. Karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya.

  • Tetapkan Pengeluaran Rutin Setiap Bulan

Salah satu cara terbaik untuk bisa menabung adalah dengan mencatat setiap pengeluaranmu setiap harinya. Misalnya dengan memisahkan uang transportasi, uang makan siang, uang belanja bulan, dan kebutuhan lainnya. Dengan mencatat setiap pengeluaran, mulai dari pengeluaran kecil hingga pengeluaran besar, kamu akan lebih memahami kebiasanmu dalam mengeluarkan uang. Kamu juga akan bisa menilai pengeluaran mana yang bisa kamu potong, misalnya tidak perlu memaksa diri untuk menonton film di bioskop setiap akhir pekan. Mudah kan?

  • Membuat Anggaran Belanja

Yep, selain mencatat pengeluaran, kamu pun harus membuat anggaran ketika ingin berbelanja. Pastikan apa saja kebutuhanmu dan kamu juga bisa mengecek harga-harga kebutuhan kamu, misalnya dengan browsing di internet supaya kamu bisa merencanakan anggaran belanja. Dengan begitu, kecil kemungkinan kamu untuk kalap saat belanja. Menanamkan disiplin pada diri sendiri, terutama masalah keuangan, memang tidak bisa langsung terasa hasilnya. Selain itu, butuh kerja keras dan keinginan kuat untuk menjaga kedisiplinan tersebut.

  • Ciptakan Sumber Pemasukan Baru

Tidak ada salahnya untuk mencari sumber pemasukkan disamping gaji yang sudah kamu miliki. Misalnya dengan menjual barang-barag preloved yang kamu punya atau membuka bisnis kecil-kecilan bersama dengan temanmu. 

Selanjutnya: Perempuan sukses pasti memiliki keenam karakteristik ini. Apakah kamu memilikinya?

Shop From Our Partner Cathaofficial.com