6 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Saat 3 Bulan Pertama Kerja

6 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Saat 3 Bulan Pertama Kerja
SHUTTERSTOCK

Ternyata oh ternyata, enam hal ini sering dilakukan oleh orang sukses di tiga bulan pertamanya berkarier.

Coba ingat, apa yang kamu lakukan di tiga bulan pertamamu bekerja? Yep, pasti jawabannya hanya menjadi anak baik di kantor. Karena tiga bulan pertama itu adalah waktu yang harus dilalaui dengan berbagai kecemasan: Apakah akan terus bekerja atau cukup sampai di sini saja? 

Menjadi ‘tantangan’ yang harus dijalankan selama 90 hari dalam bekerja oleh para karyawan baru, biasanya kita melakukan hal-hal yang tidak jauh berbeda dari yang sudah diterima dulu. Kita pun hanya harus berusaha beradaptasi dengan lingkungan kantor, rekan kerja baru, budaya perusahaan, dan jenis pekerjaan baru yang akan dijalankan selanjutnya.

Meski demikian, orang yang sukses dalam pekerjaan bisa melewati masa hari-hari pertama di kantor baru dengan lebih mulus. Mau tahu caranya? Woop sudah mempersiapkannya untukmu.

  • Menerima Tantangan dengan Antusias

Orang sukses suka tantangan dan tahu cara menaklukannya. Ketika atasan menawarkan satu proyek besar, mereka akan mengatakan ‘ya’ dengan antusias. Orang sukses akan mengambil kesempatan tersebut meski belum tahu cara mengerjakannya, dan tanpa memperhitungkan dampak hasil pekerjaan pada kemajuan karir ke depan. Jika kamu menunjukan antusiasme ini di tiga bulan pertama kamu bekerja, maka kamu akan terlihat sebagai karyawan yang penuh dengan semangat. Karena biasanya saat kamu menunjukkan keberanian dalam menerima tantangan, jalanmu menuju karier yang baik akan mulus. 

img

  • Memiliki Target 

Setiap pekerjaan harus memiliki target. Sebagai anak baru, biasanya atasan akan memberikanmu target pekerjaan seperti proyek yang harus selesai atau mendapatkan penjualan yang meningkat. Manajemen akan menyusun target yang relevan sesuai dengan deskripsi pekerjaan,  kemampuan karyawan berdasarkan levelnya, dan tujuan perusahaan secara umum. Tidak hanya perusahaan saja tapi kamu pun harus memiliki target juga. Seseorang yang sukses membangun karier punya panduan rencana pencapaian dalam sebulan, tiga bulan bahkan setahun. Dengan perencanaan dan target, maka ia akan memiliki panduan kerja yang lebih terarah. 

  • Mengembangkan Hubungan Sosial

Hal yang wajar jika kamu tidak langsung bisa akrab dengan rekan kerjamu. Tapi cobalah mulai sekarang untuk bisa dengan cepat mengenal sejumlah orang di kantormu. Hal itu bertujuan untuk bisa mengembangkan hubungan sosial dalam tiga bulan pertama kerja. Caranya dengan kamu bisa ‘bermain’ ke divisi lain dan menjalin pertemanan baru. Setelah itu, mulailah membuka obrolan dengan meminta saran dan bicara tentang perspektif mereka terkit pekerjaan, karier, dan perusahaan. Dengan beberapa pertanyaan saja, mereka akan berbagi tentang pengalaman dan pelajaran selama bekerja di perusahaan. Strategi inilah yang bikin orang sukses bisa memperluas jaringan dalam tiga bulan pertama kerja.

  • Jangan Lupa untuk Meminta Masukan

Setelah bekerja selama satu atau dua bulan, kamu sudah bisa meminta masukan dari atasan. Orang sukses selalu bisa berinisiatif untuk menanyakan kritik dan saran, dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi karyawan yang lebih baik. Berbekal masukan dari atasan langsung, kamu bisa menjalani bulan ketiga dengan lebih baik. Karena dengan mengetahui kesalahan lebih awal dan bisa memperbaikinya, kamu bisa lolos dari masa percobaan di tiga bulan pertama. 

img

  • Ngobrol dengan Atasan

Tampaknya, mengobrol dengan atasan adalah satu hal yang sulit, namun penting untuk dilakukan. Meski susah mendapatkan waktu, kamu tetap memiliki kesesmpatan di acara-acara besar atau rapat penting. Jangan pernah melewatkan kesempatan ini! Carilah bahan obrolan yang seru seperti kamu bisa berbicara hal kecil tentang liburan atau sesuatu yang menunjukkan minat pada perusahaan dan pekerjaan. Sementara, jika kamu bekerja di startup, kesempatan untuk mengobrol dengan atasan akan lebih besar. Karena ruang lingkup yang kurang besar. 

  • Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja