6 Kesalahan Mengatur Uang yang Bisa Menghancurkan Pernikahan

6 Kesalahan Mengatur Uang yang Bisa Menghancurkan Pernikahan
iStock
6 Kesalahan Mengatur Uang yang Bisa Menghancurkan Pernikahan

Hindari kesalahan ini ya kalau tidak mau pernikahanmu berantakan…

Kamu merasa ada masalah karena pengaturan keuanganmu? Memang tidak mudah sesungguhnya mengatur uang sendiri, apalagi kalau sudah digabung dengan pasangan. Uang pun sangat sensitif buat semua orang termasuk sepasang manusia yang menjalin cinta. 

Perlu diketahui kalau uang sangat bisa merusak pernikahan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kansas menunjukkan bahwa pasangan yang sering bertengkar tentang masalah keuangan cenderung berujung dengan perceraian. Tentu saja, setiap hubungan berbeda dan tidak ada cara ideal untuk mengelola keuanganmu. Namun tetap hindari tujuh kesalahan ini demi menjaga pernikahan harmonis.

  • Tak Paham Kebiasaan Belanja Masing-masing

img

Banyak pasangan yang bertengkar karena mereka tidak mengerti satu sama lain dalam mengatur uang. Meskipun kalian berpikir mungkin tidak apa-apa menghambur-hamburkan penghasilan dalam sebulan dan kemudian bergantung pada kartu kredit. Namun belum tentu pasanganmu terbiasa dengan kebiasaan belanjamu. Apalagi jika dia orang yang akan berpikir dua kali sebelum membelanjakan uang. 

Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus memahami kebiasaan belanja satu sama lain dan kemudian mencari cara untuk membuat anggaran bersama. Ingat, pernikahan itu harus kompromi terutama soal finansial ya.

  • Tak Peduli Soal Utang Pasangan

img

Nah, utang pasanganmu tetaplah utang. Bersikap seolah itu menjadi masalah pribadinya dan berpura-pura tidak tahu itu bukan cara yang tepat. Yang terbaik adalah jika kedua pasangan berbicara tentang utang mereka sebelum menikah. Kemudian diskusikan bagaimana mereka ingin mengatur anggaran rumah tangga bersama.

  • Mengelola Pengeluaranmu Sendiri

img

Memang ada istilah ‘uang istri ya uang istri, uang suami menjadi uang istri’, maka kamu memilih mengatur pengeluaran sendiri dan tak peduli akan anggaran milik suami. Ini tidak benar ya. Saat merencanakan anggaran rumah tangga, tidak adil jika menempatkan seluruh beban keuangan rumah yangga pada pasangan ketika kamu juga berpenghasilan.

Bahkan jika kamu berencana untuk mempertahankan rekening bank terpisah, sangat ideal untuk mengumpulkan jumlah uang yang sama setiap bulan. Anggaran bersama disusun untuk membayar semua tagihan rumah tangga. Percayalah, itu akan menyelamatkanmu dari kesalahpahaman soal uang dalam hubungan kalian.

  • Menghindari Diskusi Soal Uang

img

Sekali lagi, sangat penting untuk menjadwalkan diskusi terkait keuangan dengan pasanganmu dan biarkan dia tahu tentang bagaimana kamu mengelola keuangan. Apakah kamu memiliki anggota keluarga atau teman yang secara finansial bergantung padamu? Apakah kamu menabung untuk mobil atau rumah baru? Atau adakah pinjaman yang menuntut potongan besar gajimu setiap bulan? Bicarakan semuanya secara detail.

  • Menyimpan Rahasia Soal Uang

img

Jika salah satu atau keduanya bahkan berbohong tentang penghasilan, menyembunyikan uang tanpa sepengetahuan pasangan, atau memiliki rekening bank rahasia, itu dapat dianggap sebagai perselingkuhan finansial. Ini pertanda ada sesuatu yang salah besar dalam hubunganmu dan waktu yang akan datang mungkin bisa menyebabkan pertengkaran hebat.

  • Tidak Diskusi Tentang Investasi Jangka Panjang

img

Karena kamu berniat untuk memiliki kehidupan yang bahagia selamanya maka perlu berbicara tentang investasi jangka panjang. Kamu tentu juga mau mengamankan masa depanmu bukan? Apakah itu dana pensiun, membeli rumah, atau pengeluaran terkait kesehatan? Tidak ada pasangan yang ingin berjuang di hari tua dan berdebat tentang bagaimana mereka bisa merencanakan ini dengan lebih baik.

Selanjutnya: ini cara mengatur keuangan sesuai gaya hidupmu.