6 Pertanyaan Soal Uang yang Perlu Dijawab Sebelum Nikah

6 Pertanyaan Soal Uang yang Perlu Dijawab Sebelum Nikah
iStock

Karena cinta tidak bisa membayar tagihan.

Menikah hanya karena cinta tanpa uang itu bullshit. Kita tetap butuh uang untuk bisa membangun pernikahan yang harmonis, memenuhi kebutuhan rumah tangga, hingga bisa menyekolahkan anak. 

Memang, menikah karena cinta itu baik. Namun selain cinta, kamu perlu memikirkan soal finansial kalian setelah menikah. Nah, coba lontarkan lima pertanyaan ini kepada pasangan sebelum menikah. Lihat bagaimana jawaban mereka.

“Bagaimana cara kamu mengatur keuangan?”

Pertanyaan ini menjadi pembuka percakapan yang cukup bagus. Tanyakan kepada pasangan tujuan finansial jangka pendek dan jangka panjang. Ini bisa membantumu memahami gaya hidup seperti apa yang diharapkan pasangan di masa depan. 

Plus, pastikan kamu mengenal kebiasaannya menghabiskan uangnya. Apa dia tipe yang suka menabung penghasilannya atau menghabiskan seluruhnya? Mungkin terdengar konyol tapi bisa menjadi pertimbanganmu untuk memiliki finansial yang sehat setelah menikah.

“Apa kamu punya utang?”

Jika kamu akan menikah utang pasangan tentu menjadi bebanmu juga. Saat pasangan mengambil pinjaman atau berutang sesuatu, tanyakan pula apakah ia apa rencananya untuk melunasinya? Apakah pasangan dapat berkontribusi untuk pengeluaran rumah tangga? 

Tidak apa-apa jika pasangan masih terus membayar utangnya setelah menikah tapi pastikan dia bisa melunasinya. Jangan sampai utang pasangan menyebabkan pertengkaran dalam rumah tanggamu. 

“Ada rencana melakukan pengeluaran besar di masa depan?”

Apa pasanganmu berencana resign dari pekerjaan untuk kuliah lebih lanjut? Atau dia berencana membeli rumah maupun mobil baru yang mengeluarkan biasa besar? Adakah keluarga yang bergantung kepada pasangan secara finansial? Kamu perlu tahu rencana pasangan ini sebelum menikah. Jangan sampai, kamu terkejut di kemudian hari dan membebankan pikiranmu.