6 Sifat Bos yang Perlu Kamu Tahu

6 Sifat Bos yang Perlu Kamu Tahu
ISTOCK

Apa sifat bosmu? Jika kamu belum mengenalnya dengan baik, mungkin salah satu dari enam sifat di bawah ini ada di antaranya. 

Mendapat pekerjaan baru membuat kita harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, khususnya karyawan yang sudah lama bekerja, termasuk si bos. Mengelola komunikasi yang baik dengan senior, khususnya bos di kantor sangat diperlukan agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan sebaik mungkin. Sebenarnya tidak sulit untuk melakukannya. Agar semuanya berjalan efektif, kamu harus mulai mengenali gaya kepemimpinanya. Namun karena disetiap kantor pasti berbeda-beda bos yang akan kamu temui. Berikut ada lima jenis sifat bos yang akan kamu temui dihidupmu;

PENGARAH

Ketika kamu berada di kantor, anggap saja kamu sedang syuting film. Pekerjaanmu juga sedang di arahkan oleh sang sutradara. Memiliki bos dengan tipe kepemimpinan seperti ini biasanya mengharapkan karyawannya melakukan apa yang mereka katakan. Jika kamu melapor kepada bos tipe ini, pastikan untuk tidak hanya mengikuti instruksinya tapi juga mengkomunikasikan bahwa kamu mengikuti instruksinya. Katakan juga kepadanya apa yang telah kamu lakukan dan bagaimana kamu melakukannya. Begitu si bos percaya bahwa kamu menghormati kebijakannya, kamu mulai bisa memberikan gagasan kepadanya.

TERLALU SERIUS

Tipe bos dengan sifat yang seperti ini biasanya lebih serius membangun perusahaannya. Dia memotivasi timnya untuk bekerja yang lebih baik lagi agar tujuan perusahaan tercapai. Namun, biasanya mereka tidak selalu memberi banyak bimbingan kepada karyawan untuk mencapai hal itu. Ketika kamu berkomunikasi dengan pemimpin seperti ini, dia pasti ingin sedikit banyak mendengar tentang hal-hal spesifik dari apa yang kamu dan tim sudah lakukan.

THE PEOPLE PERSON

Tipe Bos ini sangat peduli untuk menjaga agar karyawannya tetap bahagia dan membuat mereka sama dengannya. Biasanya, mereka membangun hubungan dan menjaga lingkungan yang positif, pemimpin ini dapat mengalami kesulitan dalam menangani sebuah konflik secara sehat atau memberikan kritik yang membangun. Jika kamu ingin berhasil di bawah kepemimpinannya, kamu harus secara jelas mengkomunikasikan apa yang kamu rasakan.

THE TEAM PLAYER

Kerja tim yang paling disukai oleh kepemimpinannya. Mereka lebih suka mendengarkan masukan dari karyawannya tentang apapun yang sedang dikerjakan. Jika kamu memiliki tipe bos ini, jangan menghindar dan berikan pendapat dan saran kamu, pasti mereka mendengarkannya dengan baik. Tapi ingatlah bahwa gagasan/ide kamu harus menguntungkan tim secara keseluruhan.

BEKERJA SENDIRI