Ingin Tingkatkan Kreativitas Anak? Ini 7 Ide Kreatif Berbahan Dasar Barang Bekas Versi Pinterest!

7 Daftar Ide Kreatif dari Barang Bekas Untuk Anak-anak
7 Daftar Ide Kreatif dari Barang Bekas untuk Anak-anak

Ingin tingkatkan tingkat kreativitas anak dengan mudah dan tanpa modal? Ini ide kreatif yang bisa kamu ajarkan dengan modal barang bekas!

Kreatif adalah sebuah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk gagasan maupun dalam bentuk karya nyata, dilansir dari laman Moon Dooggies Music. Kreativitas seseorang tentunya dapat diasah dengan pengenalan sejumlah karya-karya mudah sejak kecil.

Mengasah tingkat kreativitas anak dapat dilakukan dengan memulai membuat karya seperti pajangan, gambar, mainan, dan banyak lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa perlu membeli barang-barang baru, alias dengan menggunakan barang bekas.

Terkait dengan hal tersebut, berikut Woop berikan 7 daftar ide kreatif dari barang bekas versi Pinterest yang bisa anak-anak lakukan. Yuk, simak ide kreatif beserta bahan, dan caranya!

7 Daftar Ide Kreatif dari Barang Bekas Untuk Anak-anak

1. Pembatas Buku

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Pembatas Buku
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Pembatas Buku

Memakan sebuah es krim nampaknya menjadi salah satu kesukaan anak-anak. Kebanyakan es krim memiliki sebuah stik es krim, dan stik es krim tersebut bisa kamu gunakan untuk bantu meningkatkan kreativitas anak lho! Kamu bisa mencuci stik es krim dan meminta sang anak untuk menggambarkan guna mengasah tingkat kreativitas-nya. Ide kreatif dari barang bekas ini bisa kamu gunakan sebagai pembatas buku.

2. Rumah Burung

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Rumah Burung
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Rumah Burung

Karton susu merupakan sebuah karton yang cukup kuat terhadap air, atau tidak mudah hancur. Ide kreatif dari barang bekas ini akan membutuhkan karton susu untuk menghasilkan sebuah rumah burung. Cukup mudah untuk anak-anak lakukan, mereka hanya perlu menggunting bagian tengan karton susu dan menambahkan potongan karton bekas dari sumber lain sebagai atap rumah burungnya. Kemudian, mereka bisa mewarnai rumah burung karton tersebut sesuka hati mereka.

3. Kurcaci

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Kurcaci
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Kurcaci

Jika kamu selaku seorang orang tua kerap meminum minuman seperti champagne, maka bahan ide kreatif dari barang bekas ini dapat dengan mudah dilakukan oleh sang anak. Kamu hanya perlu memberikan tutup botol champagne mu kepada sang anak bersamaan dengan lem, kapas, mata palsu, besi sikat pembersih, dan kain perca. Keenam bahan tersebut dapat menghasilkan sebuah badan hingga wajah dari seorang kurcaci.

Baca juga : Kreatif! Ibu Muda Ini Ubah Lemari Pajangan Jadi Lemari Baju

4. Pajangan Ikan

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Pajangan Ikan
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Pajangan Ikan

Memiliki masa muda di era 90an tentunya kamu akan dipenuhi oleh banyak koleksi CD untuk menonton film-film yang kamu gemari ataupun bermain video games. Koleksi kaset-kaset tersebut mungkin masih kamu miliki dan beberapa mungkin sudah tidak berguna lagi. Kamu bisa jadikan CD bekas sebagai bahan dari ide kratif dari bahan bekas untuk anak-anak. Kamu hanya perlu memberikan sebuah CD, glitter, lem, kertas warna, gunting, dan mata palsu kepada sang anak. Tentunya, kamu perlu mengawasi anak dalam penggunaan gunting, ya!

5. Tempat Pensil

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Tempat Pensil Meja
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Tempat Pensil Meja

Sudah menjadi keharusan dalam menyediakan sebuah toilet paper di dalam kamar mandi. Sebuah toilet paper atau tisu toilet biasanya memiliki kerangka karton berbentu tabung yang bisa kamu temukan sesaat tisu habis. Kamu bisa memberikan tabung karton itu kepada sang anak untuk membuat sebuah wadah pensil, juga dengan cat air dan spidol warna untuk menghiasnya agar menarik.

6. Boneka Kaos Kaki

Ide Kreatif dar Barang Bekas - Puppet Kaos Kaki
Ide Kreatif dar Barang Bekas - Puppet Kaos Kaki

Ide kreatif dari barang bekas ini merupakan salah satu karya termudah yang bisa anak-anak lakukan. Anak-anak hanya membutuhkan dua buah kaos kaki dan mata palsu. Sisanya, kamu mungkin perlu membantu dalam membuat rambut dari kain wol yang dijahit di bagian ujung kaos kaki.

7. Permainan Maze

Ide Kreatif dari Barang Bekas - Permainan Maze
Ide Kreatif dari Barang Bekas - Permainan Maze

Kali ini, hasil dari ide kreatif dari barang bekas ini menghasilkan sebuah mainan. Barang bekas yang perlu kamu gunakan antara lain adalah kardus sepatu bekas, kertas warna, sedotan, pensil. Kamu bisa pandu sang anak dalam membuat alur labirin kardus sepatu itu.

Nah, itu lah ketujuh ide kreatif dari barang bekas yang bisa kamu terapkan kepada anak-anak guna meningkatkan tingkat kreatifitas. Selaman mencoba, Woop Ladies!

Selanjutnya :