7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mulai Bekerja

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mulai Bekerja
ISTOCK

Apa yang kamu lakukan setelah sampai di kantor? Woop hanya ingin menyarankan kamu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan ini sebelum mulai bekerja.

Woop ingin tanya, berapa lama waktumu untuk mulai bekerja? 10 menit? 20 menit? 30 menit? Atau langsung mengerjakan pekerjaan sesampainya di kantor? Berapa pun waktumu untuk mulai bekerja semoga tetap bisa produktif ya.

Sebenarnya, sebelum memulai pekerjaan, membuka laptop, dan mengerjakan deadline yang menumpuk, kamu perlu memiliki waktu untuk sedikit ‘beristirahat’. Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu praktekan sebelum mulai bekerja di pagi hari. Semua kegiatan ini tidak akan menyita waktu dan bisa meningkatkan produktivitas dan menghindarimu dari stres karena pekerjaan. Bonusnya adalah kebiasaan ini tetap bisa kamu lakukan saat akhir pekan lho!

  • Menenangkan Diri

Sampai di kantor dengan keadaan berkeringat karena harus jalan dari halte bus? Jika kamu sering merasakan hal itu, satu hal yang bisa kamu lakukan sebelum mulai bekerja yaitu menenangkan diri.  Tarik napas yang dalam dan beri diri sendiri waktu tenang begitu kamu tiba di tempat kerja. Seringkali kesibukan dan hiruk-pikuk sepanjang commuting tidak memberi kamu cukup ruang untuk benar-benar mengalihkan pola pikir dari personal mode ke work mode. Membiarkan diri kamu rileks sejenak akan membantu mentransisi dirimu untuk meninggalkan problema pribadi dan berkonsentrasi pada kewajiban professional. 

  • Merapikan Meja Kerja

Jika di hari sebelumnya kamu terburu-buru meninggalkan tempat kerja dan tidak sempat beres-beres, mari memulai harimu dengan merapikan meja kerjamu. Manfaatkan waktu luang di pagi hari untuk merapikan meja! Karena dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan dan menghabiskan waktu berharga hanya untuk mencari dokumen atau post-it yang ditinggalkan kolega di meja kerjamu. 

img

  • Membuat Daftar Proritas

Yep, membuat daftar prioritas itu sangat penting dilakukan! Daftar tugas dan prioritas akan membantumu untuk fokus dan teratur dalam menyelesaikan kewajiban pekerjaanmu. Biasanya, di pagi hari adalah waktu ketika kamu mudah bersemangat dan bisa memotivasimu dalam bekerja. Jadi manfaatkan situasi ini ketika semangatmu masih berapi-api. Kamu bisa memulai pekerjaan dari yang tersulit. Karena hal ini bisa membuatmu jauh lebih produktif. 

  • Membalas Pesan 

Bukan tentang pesan personal tapi pesan dari kolegamu ya! Namun bukan berarti kamu tidak boleh membaca dan membalas pesan pribadimu lho. Karena jika tidak terkontrol, aktivitas ini akan menyita waktu dan mengacaukan jadwal kerja rapi yang telah kamu susun. Lebih baik jadikan membalas pesan personalmu sebagai kegiatan santai di waktu senggang untuk melepas stres.

  • Olahraga

Banyak orang yang mungkin tidak sempat olahraga karena tak memiliki waktu banyak. Jadi kamu bisa menggunakan sedikit waktu sebelum bekerja. Jangan meremehkan aktivitas fisik ringan! Sehari penuh duduk di depan laptop akan memiliki efek negatif seperti tubuh pegal, kecenderungan obesitas, dan lainnya. Kamu bisa mengelilingi setiap sudut kantor, selipkan sedikit gerakan stretching untuk melemaskan otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah. Lebih baik lagi jika kamu juga terpapar sinar matahari pagi untuk meraup suntikan vitamin D alami.

img

  • Sarapan

Sarapan itu penting! Jangan hanya karena sibuk bekerja, kamu malah melewatkan sarapan di pagi hari. Sarapan yang bergizi akan memberi asupan energi yang kamu butuhkan untuk beraktivitas seharian. Karena saat kamu melewatkan sarapan akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah.