7 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memulai Bisnis Sendiri

7 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memulai Bisnis Sendiri
ISTOCK

PR-nya banyak, tapi bisa dilakukan. 

Bosan menjadi karyawan? Masuk akal. Mau membuka bisnis sendiri, atau bahasa kerennya mendirikan sebuah startup? Bisa. Namun, sebelum membuka sebuah bisnis ada baiknya kamu mencari informasi seperti tentang aturan pemerintah, bagaimana memperhitungkan segala biaya yang akan dikeluarkan, serta siapa saja pesaing di bisnis yang sama denganmu. Selain ketiga hal tersebut, ada hal lainnya yang harus kamu ketahui sebelum benar-benar membuka bisnis, memotong pita merah, dan menggantungkan tanda "now open."

1. LAKUKAN PENELITIAN

INI PENTING! Saat memiliki ide yang brillian, jangan lupa untuk melakukan penelitian, agar tahu apakah ide yang kamu miliki sudah dipakai oleh orang lain. Jangan sampai dianggap plagiator. Selain itu, dengan melakukan hal ini, kamu pun bisa tahu apa yang diinginkan oleh pasar dan konsumen, serta mencari perbedaan dari para pesaing yang ada.

2. KONSISTEN DAN JANGAN MALAS

Salah satu kunci keberhasilan dalam memulai bisnis: kurangi malas dan konsisten! Begitu banyak orang yang pintar dan mempunyai ide-ide hebat, tapi dikalahkan oleh kemalasan dan ketidakkonsistenan. Alhasil, hanya kegagalan yang didapatkannya.  

3. TENTUKAN TARGET DAN PASAR

Ketika ingin membuka bisnis, target produk yang ingin kamu perjualbelikan itu. Dimulai dari latar belakang demografis, umur, jenis kelamin dan sebagainya. Hal ini penting untuk memastikan produk atau jasa yang mau diberikan sesuai dengan keinginan konsumen, bukan hanya berdasarkan ambisi si pemiliknya saja.

4. CARI PENASIHAT HUKUM

Hal yang penting tapi sering dilupakan oleh pebisnis (baik yang baru maupun yang sudah lama): mencari penasihat hukum/pengacara. Banyak orang yang berasumsi bahwa penasihan hukum/pengacara dibutuhkan saat kita mengalami masalah saja. Namun, sebaliknya, persiapan hukum yang preventif dan proaktif bisa menjadi cara terbaik untuk mengatur bisnis agar sukses dalam jangka panjang.

5. JARINGAN