70% Perempuan Indonesia Tidak Merasa Cantik

70% Perempuan Indonesia Tidak Merasa Cantik
IStock

Cantik tidak hanya secara fisik tapi juga hati. Namun 70% perempuan Indonesia tidak merasa cantik. 

Angka tersebut diperoleh berdasarkan riset Sariayu Martha Tilaar pada penggunanya. Hampir 70% perempuan Indonesia mengaku tidak percaya diri menyebut mereka cantik. Banyak ketakutan yang dihadapi seperti komentar orang lain, tak tahu memilih dan menggunakan produk kecantikan, atau merasa kurang memenuhi standar kecantikan sosial di masyarakat.

daihatsu banner

“Jadi ketika kita tanya ke user, kamu merasa cantik nggak? Mereka bilangnya nggak, mereka kurang percaya diri dengan diri sendiri,”  ujar Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, Wulan Tilaar, saat ditemui Woop di acara kampanye Sariayu Martha Tilaar ‘Fearless Beauty’ di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

Wulan Tilaar mengingatkan, perempuan Indonesia perlu merasa cantik baik dari dalam maupun luar untuk membangkitkan kepercayaan dirinya. Ketika perempuan sudah merasa cantik maka lebih bisa mencintai diri sendiri. Namun sulit buat perempuan milenial melakukannya ya?

Itu karena pengaruh dari media sosial yang bisa membuat perempuan merasa rendah diri. Psikolog Klinis Dewasa, Inez Kristanti, menuturkan kalau hampir semua orang ingin terlihat bagus di media sosial. Sebenarnya hal tersebut menjadi tekanan tersendiri buat beberapa orang khususnya perempuan.

“Semua perempuan ingin terlihat cantik, kaya, bahagia, di media sosial. Nggak ada yang kelihatan buruk di media sosial. Padahal kalau mencintai diri sendiri nggak perlu seperti itu,” papar Inez. 

Untuk menumbuhkan kepercayaan diri hingga bisa mencintai diri sendiri, Inez menyarankan agar mulai dengan langkah kecil terlebih dahulu. Coba mulai posting fotomu tanpa filter di Instagram. Lalu lihat, betapa cantiknya dirimu?

Kemudian tidak lupa selalu mensyukuri hal-hal yang telah kamu lakukan hari ini. Cara mensyukurinya harus diucapkan setiap sebelum tidur.

“Aku selalu bilang sama klienku, sebelum kamu tidur katakan pada diri sendiri, aku mensyukuri tiga hal yang sudah aku lakukan hari ini. Tiga hal itu adalah, ini, ini, dan ini. Dengan begitu, minimal kamu tahu kalau dirimu bisa melakukan sesuatu yang baik buat pribadi maupun orang lain,” sarannya lagi.

Selanjutnya: lima makanan yang bisa ganggu waktu tidurmu. Apa saja?

Shop From Our Partner Cathaofficial.com