Banner

8 Cara Mudah Mengatasi Stres di Tempat Kerja

8 Cara Mudah Mengatasi Stres di Tempat Kerja
8 Cara Mudah Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Ada baiknya untuk tahu cara mengatasinya terlebih dahulu, agar pekerjaanmu tidak terganggu. 

Banyaknya deadline pekerjaan yang menumpuk membuat kita merasakan tekanan sehingga akan mengganggu kinerjamu di tempat kerja. Plus, kamu juga akan mengalami stres berkepanjangan bahkan depresi. Duh, jangan sampai ya! Sebenarnya, ada cara untuk mengurangi tekanan stres di tempat kerja. Sebelum semuanya terlambat, beberapa cara ini bisa membantu mengurangi rasa penat tersebut.

ISTIRAHAT SEBENTAR

Cara paling mudah untuk mengatasi stres adalah dengan beristirahat. Buatlah dirimu rileks dengan mendengarkan musik favorit, bermeditasi, ataupun berdoa. Ambillah waktu sebentar untuk beristirahat selama 15 sampai 30 menit dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi.

BEROLAHRAGA

Sepertinya memang olahraga menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres di tempat kerja. Dengan berolahraga sebanyak tiga sampai lima kali seminggu dengan durasi 30 menit. Cara ini akan membuat tubuhmu mengeluarkan hormon endorfin sehingga kamu akan merasa lebih baik ke depannya. Misalnya renang atau yoga juga bisa dilakukan.

PERHATIKAN POLA MAKAN

Saat stres datang biasanya banyak orang yang lupa dengan makan sehingga pola makan menjadi berantakan. Sementara hal ini malah justru dapat memperburuk kondisi kesehatanmu. Jika ingin bebas dari stres, cobalah untuk memilih makanan sehat sebagai asupan dan jangan lupa minum air putih.

CARI SOLUSI

‘Penyakit’ manusia yang tidak bisa diubah adalah selalu memikirkan masalahnya. Padahal yang harus kamu pentingkan adalah fokus mencari solusi. Memikirkan masalah secara berlebihan dan terus menerus tidak akan menghilangkan masalahmu dengan cepat. Mulailah melakukan tindakan untuk menyelesaikannya.

CURHAT

Meluapkan masalahmu kepada teman dekat adalah cara terbaik. Hal ini bisa membuatmu menjadi lebih lega dan mendapatkan pandangan lain dan masukan dari orang luar.

SEDIKIT MELAMBAN

Jangan mau cepat dalam melakukan pekerjaan. Terkadang kamu juga perlu sedikit melamban dan mencoba untuk tidak terlalu keras terhadap dirimu sehingga akan lebih mencerna apa yang sedang terjadi padamu dan sekelilingmu. Karena cara ini juga dapat membantumu mendapatkan jalan keluar dari masalahmu.

BERBICARA DENGAN ATASANMU

Tidak ada salahnya untuk membicarakan hal ini dengan atasanmu. Dengan begini, atasan akan lebih paham mengenai apa yang sedang kamu alami dan mungkin bisa mencarikan jalan keluar.

LIBURAN

Jika kamu merasa situasi kantor sedang tidak sehat, ditambah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Cobalah untuk mengambil cuti sebentar untuk berlibur. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk menikmati waktu dengan orang tersayang dan memiliki pikiran yang jernih.

Selanjutnya: kamu adalah tipe perempuan yang galau. Coba dengarlah masukan seorang psikolog ini.