Banner

8 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Katakan kepada Atasan

8 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Katakan kepada Atasan
ISTOCK

Hati-hati!

Sepertinya media sosial membuat kita berkomunikasi dengan orang lain dalam nada yang lebih santai—tidak terkecuali di kantor. Terkadang kita mengalami kesulitan untuk membedakan bahwa "kita sedang di kantor dan sebaiknya profesional" bukan di media sosial yang dipenuhi dengan emoji. Terlebih jika bosmu memiliki kepribadian santai, kita makin sering lupa bahwa ada batasan-batasan yang harus diperhatikan. Apa sebenarnya yang sebaiknya tidak dikatakan kepada si bos? Coba hapalkan delapan hal ini. 

1. “Saya Tidak Tahu.”

Jika bos bertanya sesuatu kepadamu, jangan pernah menjawab “saya tidak tahu.” Pasalnya si bos sedang membutuhkan bantuan dan jawabanmu. Kalau kamu memang tidak tahu atau tidak mengerti, kamu bisa menjawabnya dengan: “Oke, saya akan bantu mencarinya.”

2. "Tidak bisa."

Jelas, pernyataan “saya tidak bisa” menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri dan terkesan enggan untuk mengambil resiko. Sebaiknya bersikap dan berkata “saya akan melakukannya" karena ini akan membuat atasan lebih menghargaimu.

3. "Itu bukan bagian dari pekerjaan saya."

Yah, mungkin itu memang bukan bagian dari pekerjaanmu. Akan tetapi jika sudah di kantor, kamu dituntut untuk profesional, fleksibel dan membantu pekerjaan si bos agar lebih lancar. Jika mampu membantu pekerjaan yang bukan bidang yang digeluti, usahamu pasti akan sangat diapresiasi. Catatan penting: pastikan pekerjaanmu tidak terlalu berlebihan dan membuatmu stress atau sakit. 

4. "Tidak."

Kerja sama diharapkan dalam sebuah tim. Mengatakan kata “tidak” kepada atasan memang menjadi sebuah tantangan, tapi terkadang sangat diperlukan. Hanya saja kamu harus mengucapkannya dengan sopan dan memberikan sebuah alasan yang masuk akal.

5. "Saya akan mencoba."

Beberapa orang berpikir bahwa ini adalah respon yang dapat diterima, karena terkesan kamu mau "mencoba" sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Namun, ternyata hal ini malah membuat si bos bisa merasa tidak yakin dengan keinginanmu untuk mencoba. 

6. "Ibu/Bapak tidak pernah mengatakan kepada saya untuk melakukannya"

Meskipun mungkin memang ini murni kesalahan si bos, tapi dengan mengatakan "nggak pernah dikasih untuk mengerjakan itu", kamu secara langsung menyalahkan atasan. Alih-alih mengeluarkan pernyataan itu (karena ingin menyelamatkan diri), cobalah katakan "maaf, saya tidak tahu kalau harus melakukan itu." 

7. "Saya bosan."

Setiap orang pasti mengalami kebosanan, termasuk dalam hal pekerjaan. Namun ingat baik-baik: kamu dipekerjakan untuk menjadi produktif dan tetap antusias. Jadi, kamu juga bertanggung jawab untuk menemukan cara agar pekerjaan tersebut menarik dan tidak membosankan. Cara lain: ajukan cuti untuk menyegarkan hati dan pikiran!

8. "Saya sudah bekerja lama di kantor ini, sepertinya layak untuk naik gaji."

Dalam dunia karir, waktu adalah faktor yang tidak begitu signifikan. Kamu harus memperlihatkan kenapa kamu layak untuk dipromosikan dan mendapatkan kenaikan gaji. Jika memang merasa sudah patut mengalami kenaikan jabatan katakan: "Saya merasa sudah berkembang banyak selama satu tahun belakangan dan siap untuk tanggung jawab yang lebih besar."