Alta Lauren Gunawan, Paspampres Donald Trump dari Indonesia

Alta Lauren Gunawan, Paspampres Donald Trump dari Indonesia
Alta Lauren Gunawan, Paspampres Donald Trump dari Indonesia
Alta Lauren Gunawan, Paspampres Donald Trump dari Indonesia

Perempuan pertama, keturunan Indonesia, yang menjadi anggota paspampres Presiden Amerika Serikat.

Jangan pernah memandang perempuan hanya dari sebelah mata saja! Yep, mungkin ini kalimat yang tepat diberikan untuk seorang Alta Lauren Gunawan. Bagaimana tidak, dia adalah perempuan pertama yang menjadi seorang tim elit secret service atau paspampres (pasukan pengamanan presiden) untuk Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Beberapa hari belakangan ini, kisah Alta Lauren Gunawan menjadi viral diberbagai media sosial, baik dalam negeri maupun internasional. Menariknya lagi, Alta adalah perempuan keturunan Indonesia yang merupakan perwira pertama yang tergabung dalam unit U.S Secret Service Motorcade Division yang beranggotakan 14 orang. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana dia bisa sampai berada dititik kariernya seperti sekarang?

“Bukan hal yang mudah bisa masuk dalam tim ini. Kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci keberhasilan yang aku tanamkan pada diriku. Hal ini yang membuatku bisa berhasil lolos dalam unit U.S Secret Service Motorcade Division,” ujarnya.

Perempuan 30 tahun ini juga bercerita tentang beratnya pekerjaan sebagai pengawal presiden.

“Di awal-awal pekerjaanku, aku sering menjatuhkan sepeda motornya berkali-kali karena motor yang ku pakai sangat berat. Namun, aku tidak mau berhenti begitu saja,” ungkapnya.

Dok. Youtube
Dok. Youtube

Baca: Ivanka Trump Bahas Masalah Perempuan Saat Temu Jokowi

Ia melanjutkan, "Ada teknik untuk itu tapi tetap saja itu juga butuh kekuatan. Ini adalah yang membuat banyak orang terdiskualifikasi. Bukan hanya perempuan tapi banyak orang yang mencoba masuk ke unit.”

Yep, menjadi seorang perempuan yang bekerja di sebuah ‘tempat’ yang didominasi kaum pria itu memang sangat berat. Kita harus bisa melakukan apa yang mereka--laki-laki-- lakukan.

“Ini benar-benar suatu kehormatan ketika saya dipercaya menjaga keselamatan presiden. Tidak banyak orang yang bisa merasakannya, tetapi pekerjaan ini benar-benar membutuhkan banyak kekuatan dan tanggung jawab,” ujar Alta, dengan bangga.

Saat ditanya tentang Indonesia, dia sangat bangga memiliki darah keturunan Asia, yaitu Indonesia dan Amerika dalam dirinya, serta bisa mengharumkan nama Indonesia.

"Ayahku 100% Indonesia sedangkan ibuku campuran dari banyak etnis. Menjadi orang dengan percampuran darah itu keren dan aku bangga menjadi wanita Asia-Amerika," ujarnya.

Selanjutnya: Wow, gaun pengantin Sophie Turner Berhiaskan 100ribu Kristal. Baca selengkapnya