Bagaimana agar Tetap Tenang Pada Situasi Paling Stres Sekalipun

Bagaimana agar Tetap Tenang Pada Situasi Paling Stres Sekalipun
ISTOCK

Terutama sekarang ini, saat sepertinya tidak ada "keadilan". 

Entah itu deadline, pertemuan penting, atau ketukan palu yang super mengejutkan, stres selalu bisa masuk ke dalam hidup, dan membuat kita sulit bernafas. Saran "cobalah tenang" tidak cukup; ada beberapa trik dan tips yang bisa kita lakukan secara pribadi untuk mengurangi rasa tertekan tersebut. 

OLAHRAGA

Menurut penelitian, olahraga membuat tidur lebih berkualitas, yang bisa mengurangi stres karena perilisan endorfin saat kita menggerakkan badan. Namun, apa olahraga yang bisa menenangkan? Tergantung dengan selera masing-masing; yang pasti sesuatu yang kamu sukai. Jalan, lari, yoga, naik gunung, meditasi, boxing—daftarnya tidak terbatas. 

INGAT: AMBIL NAFAS

Kondisi politik atau media sosial membuatmu kewalahan, cobalah teknik pernafasan sederhana: hitung sampai sepuluh; tarik nafas hitung satu, buang nafas hitung dua, dan begitu seterusnya sampai mencapai angka sepuluh. Ini merupakan taktik yang bagus untuk melepaskan ketegangan, terlebih jika dipraktekkan secara regular efek ketenangan akan lebih terasa.

MAKAN YANG BENAR

Memang gampang banget untuk jatuh ke dalam cobaan: melampiaskan emosi dengan memakan junk food. Rasanya hidup lebih ringan setelah memakan satu ember penuh crispy hot chicken wings, cheese spicy french fries, plus float milkshakes. Yum. Namun, rasanya tidak akan bertahan lama dan malah membuat tambah tertekan saat melihat dagu punya dua lipatan. Oleh karena itu, coba hindari makanan "yang enaknya hanya sesaat itu" atau kemasan karena pada dasarnya hanya mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Terlebih makanan olahan membuat kita tidak bisa berpikir atau merasa secara maksimal. Adaptasi pola diet yang benar dan konsumsi makanan sehat. 

ISTIRAHAT

Kurang tidur bisa membuat metabolisme tubuh kacau. Menurut penelitian, tidur benar itu minimal tujuh jam. Oleh karena itu, untuk memastikan tidurmu berkualitas, cobalah praktekkan rutinitas relaksasi sebelum tidur, seperti menjauhkan diri dari alat-alat elektronik, membaca buku, mandi, atau mendengarkan suara laut.

TERTAWA