Bagaimana Cara Keluar dari Krisis Keuangan?

Bagaimana Cara Keluar dari Krisis Keuangan?
ISTOCK

Memang tidak enak mengalami krisis keuangan. Apalagi jika banyak prioritas yang harus dibayarkan. Jika hal itu terjadi, apa yang harus kita lakukan? 

Pernah mengalami krisis keuangan? Yep, semua orang pasti pernah mengalaminya. Begitulah hidup bagaikan roda yang berputar: kadang di atas, kadang di bawah, kadang punya uang, kadang tidak. Saat kita sedang mengalami hal tersebut, semua hal menjadi serba salah dan membuat segala aktivitas terganggu. Ditambah lagi jika ada berbagai tagihan datang, yang mengharuskan kita membayarnya, padahal keuangan sedang menipis dan masih ada prioritas lain yang harus diurus. Lantas, bagaimana kita harus keluar dari krisis keuangan tersebut?

Jangan Lupakan Menabung

img

Woop kembali mengingatkanmu untuk menabung! Krisis keuangn bisa membuat kamu bingung, karena manakah prioritas yang harus didahulukan? Meskipun banyak yang harus dibayarkan, namun kamu tetap tidak boleh menyisihkan beberapa lembar uang untuk menabung. Tujuannya adalah agar kamu bisa memiliki dana darurat ketika ada kebutuhan yang mendesak. Pastikan untuk mengalokasi dana-dana di sela-sela pembiayaan penting yang kamu punya!

Jangan Makan di Luar

img

Memang tidak dilarang untuk makan di luar. Namun jika kamu sedang mengalami krisis keuangan, cobalah untuk tidak makan atau jajan di luar (setidaknya sampai keuanganmu kembali stabil). Selain harganya biasanya lebih mahal, makan atau jajan di luar membuatmu ingin selalu membeli barang lainnya. Sifat impulsif itu biasanya akan terus terjadi. Jadi, daripada kamu hanya menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik membawa bekal dari rumah. Selain hemat, makanan yang kamu bawa tentunya lebih sehat dan bergizi.

Mencari Alternatif Termurah

img

Katakanlah kamu punya beberapa prioritas keuangan, misalnya, makan sehari-hari, lalu transportasi dan komunikasi. Nah, untuk memenuhi 3 prioritas ini saat kamu sedang mengalami keuangan, kamu bisa mencari alternatif termurah. Seperti untuk makan: pastikan untuk tidak membeli makanan di luar, tapi kamu bisa memilih membawa bekal dari rumah. Kedua, untuk transportasi ke kantor, biasakanlah untuk naik kendaraan umum (karena akan lebih murah), atau jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa membeli bahan bakar termurah. Sedangkan, untuk komunikasi, belilah paket data yang murah dan manfaatkan wifi saja.