Bagaimana Cara Melunasi Utang Secara Efektif?

Bagaimana Cara Melunasi Utang Secara Efektif?
ISTIMEWA

Apakah kamu punya utang yang belum terbayarkan? Woop hanya ingin mengingatkan bahwa membayar hutang itu sangat penting. 

Utang merupakan uang pinjaman yang diperlukan oleh seseorang untuk melengkapi kebutuhannya. Saat kamu berutang, ini akan menjadi sebuah kewajiban ekonomi seseorang yang harus dibayarkan dan bisa menjadi sebuah masalah besar. Tidak ada orang yang ingin berhutang, namun ada kalanya karena hal mendesak, kita mau tidak mau harus berutang kepada teman atau saudara. Oleh sebab itu, utang sebaiknya dihindari! Namun jika sudah terlanjur, kamu harus berupaya melunasi utang tersebut dengan cepat agar tidak menumpuk terus menerus.

Ketahui Berapa Banyak Kamu Berutang

Jika kamu memiliki utang lebih dari satu, cobalah untuk membuat daftar utangmu, termasuk kreditor, jumlah total utang, pembayaran bulanan, dan tanggal jatuh tempo. Kamu dapat menggunakan laporan kredit untuk mengonfirmasi utang. Memiliki utang membuatmu tahu akan gambaran yang lebih besar dan tetap sadar dengan jumlah utang. Jangan hanya membuat daftar saja, lihat daftar utang kamu secara berkala, terutama saat kamu membayar tagihan. Perbarui daftarmu setiap beberapa bulan karena jumlah utang juga akan berubah.

img

Bayar Tagihan Tepat Waktu Setiap Bulan

Jangan pernah menunda membayar utang/tagihan! Pembayaran yang terlambat membuatmu lebih sulit dalam melunasi utang, karena kamu harus membayar biaya keterlambatan untuk setiap pembayaran yang terlewatkan. Misalnya, kamu melewatkan dua pembayaran berturut-turut dan suka bunga dan biaya pengeluaranmu juga akan meningkat. Kamu bisa menggunakan sistem kalender di ponsel atau komputer untuk mengingatkan beberapa hari sebelum jatuh tempo.

Buat Kalender Pembayaran Tagihan Bulanan

Gunakan kalender pembayaran tagihan untuk membantu kamu mencari tahu tagihan mana yang harus dibayar dengan gaji yang mana. Tuliskan jumlah pembayaran setiap tagihan di sebelah tanggal jatuh tempo di kalender milikmu. Jika tagihanmu dibayar pada hari yang sama setiap bulan, seperti tanggal 1 dan 15, kamu dapat menggunakan kalender yang sama dari bulan ke bulan. Tetapi, jika gaji kamu jatuh pada hari yang berbeda dalam sebulan, itu akan membantu untuk membuat kalender baru untuk setiap bulan.

img

Lakukan (Setidaknya) Pembayaran Minimum