Bahasa Tubuh Ini Membuatmu Terlihat Minder atau Tidak Atraktif

Bahasa Tubuh Ini Membuatmu Terlihat Minder atau Tidak Atraktif
ISTOCK

Seberapa kuat jabatan tanganmu?

Stop! Stop menyentuh wajahmu. Selain tanganmu tidak sebersih yang kamu pikirkan, bahasa tubuh ini ternyata memberikan signal kepada lawan bicaramu bahwa kamu sedang gugup setengah mati. Jika kamu sedang dinterogasi atas sebuah masalah di kantor, pastinya kamu tidak ingin memberikan indikasi negatif (karena kamu tidak melakukan tindakan ilegal apapun!). Selain menyentuh wajah berkali-kali, ada beberapa bahasa tubuh lain yang menurut Business Insider juga sebaiknya dihindari entah itu dalam lingkup profesional atau berkencan dengan pacar baru. Berikut di antaranya. 

1. Menyembunyikan Tangan 

Insider menuliskan bahwa ketika melakukan ini (menaruh tangan di pangkuan atau di balik punggung), terkesan kamu sedang menyembunyikan sesuatu. "Seseorang bisa saja mengatakan satu hal, tapi tanda ini mengindikasikan kamu tidak mendapatkan semua detail cerita [darinya]," kata Anita Barbee, seorang profesor kerja sosial. d

2. Tanganmu Statik

Tidak bergerak sama sekali yang bisa menandakan bahwa kamu tidak percaya dan gugup. Ingat, bahkan robot pun sesekali menggerakkan tangannya. 

3. Jalanmu Pelan dan Langkahmu Pendek-Pendek

Kesimpulan sebuah studi: orang yang memiliki ritme jalan seperti ini cenderung mudah dimanipulasi dan menjadi korban karena dianggap lemah. Memang tidak mudah mencoba mengubah cara jalan yang sudah terbentuk selama puluhan tahun, tapi tetap saja tidak ada salahnya untuk mencoba berjalan dengan lebih percaya diri. 

4. Menghindari Kontak Mata

Menatap orang yang sedang kamu ajak berbicara merupakan hal yang penting untuk membangun hubungan dan rasa empati. Jadi, sesekali tatap lawan bicaramu, asal jangan terlalu lama, ya! Aturan idealnya: lakukan kontak mata antara 60% sampai 70% selama bercakap-cakap, dan tiap tatapan pastikan tidak lebih dari 4 detik

5. Posisi Badan Membungkuk...