Belum Dapat Promosi Jabatan? Mungkin karena Pasanganmu(Lho?)

Belum Dapat Promosi Jabatan? Mungkin karena Pasanganmu(Lho?)
iStock

Tahukah kamu kalau kesuksesanmu dipengaruhi pasanganmu?

Mungkin kamu sering merasa, ‘sudah bekerja bertahun-tahun tapi kok belum juga mendapat promosi jabatan?’. Jangan salahkan diri sendiri, bisa jadi itu karena pengaruh pasanganmu. Bagaimana mungkin?

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Washington menemukan bahwa sifat tertentu dari kepribadian pasangan memainkan peran besar dalam kesuksesan profesional seseorang. Menurut laporan penelitian, "Kami menemukan bahwa memiliki pasangan yang bertanggung jawab akan berpengaruh pada tingkat kepuasan kerja lebih tinggi, tingkat pendapatan lebih tinggi, dan kemungkinan promosi pekerjaan yang lebih besar."

img

Mengapa penting mempunyai pasangan yang bisa bertanggung jawab atau konsisten terhadap perkataannya?

Menurut psikolog konsultan senior Shweta Singh, “Seseorang yang bertanggung jawab memiliki tingkat kesadaran tinggi tentang bagaimana perilakunya akan berdampak pada orang-orang di sekitar mereka. Selalu diinginkan untuk memiliki pasangan yang  bertanggung jawab, punya suami atau istri yang fokus menciptakan situasi baik,  menginspirasi seseorang untuk bekerja secara efektif bisa sangat memotivasi, baik di rumah maupun di kantor.”

Seseorang dengan pasangan yang bisa bertanggung jawab memiliki tingkat kepuasan kerja lebih tinggi karena mempunyai semua dukungan dari seorang pasangan. Orang-orang dengan sifat kepribadian seperti itu cenderung bijaksana dan peka terhadap kebutuhan pasangannya serta berusaha memastikan bahwa mereka memiliki hubungan yang bahagia. 

Penelitian ini menyoroti hubungan antara promosi dan kepribadian pasangan dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Washington di St. Louis. Mereka mempelajari sekitar 4.544 pasangan menikah selama lima tahun. Para peserta ditanya terkait dengan kepuasan kerja, pendapatan, durasi pernikahan, pembagian tugas rumah tangga, seberapa sering mereka berhubungan seks dengan pasangan, tingkat kepuasan, dan lain sebagainya.

img

Nah, untuk itu ketika kamu dipromosikan di tempat kerja tahun ini, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pasangan. Berdasarkan apa yang ditemukan dalam penelitian ini, di belakang setiap orang sukses secara profesional ada peran besar pasangannya. Apa kamu setuju?

Selanjutnya: belajarlah agar tidak diperbudak oleh pekerjaan. Bagaimana caranya? Simak artikel Woop yang satu ini.