Biografi Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar yang Tercapai

Biografi Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar yang Tercapai
Merry Riana

Semua orang tentunya mengenal motivator ternama Merry Riana. Dipenuhi jatuh bangun, bagaimana perjalanan hidupnya hingga sukses?

Dikenal sebagai motivator ulung, nama Merry Riana tentunya diketahui hampir seluruh masyarakat Indonesia. Kegigihan dan kerja kerasnya dalam membangun bisnis, sukes menjadi inspirasi banyak orang. Agar mengenalnya lebih jauh, berikut biografi singkatnya!

Biografi Merry Riana

Masa kecil Merry Riana

Merry Riana
Merry Riana

Merry Riana dilahirkan pada tanggal 29 Mei 1980 di Jakarta, dari pasangan bernama Ir. Suanto Sosrosaputro dan Lynda Sanian. Merry Riana lahir dan tumbuh di Jakarta dalam sebuah keluarga sederhana keturunan Tionghoa.

Cita-citanya untuk kuliah di Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti buyar karena kerusuhan besar di tahun 1998. Karena kondisi yang tidak aman akibat kerusahan tersebut, Merry Riana kemudian memilih kuliah di Singapura.

Ayah Merry memutuskan untuk mengirim anaknya belajar di luar negeri, dan Singapura merupakan sebuah pilihan yang paling masuk akal karena jaraknya yang relatif dekat, lingkungan yang aman dan sistem pendidikannya yang bagus.

Merry mulai belajar di bangku kuliah di jurusan Electrical and Electronics Engineering (EEE) di Nanyang Technological University (NTU) pada tahun 1998.

Baca juga: Biografi Rossa, Diva Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Berjuang hidup di negeri orang

Merry Riana
Merry Riana

Tanpa persiapan yang memadai untuk kuliah di luar negeri, Merry sempat gagal dalam tes bahasa Inggris di Nanyang Technological University. Tanpa persiapan bekal dana yang memadai pula, Merry meminjam uangdari Pemerintah Singapura.

Ia meminjam dana beasiswa dari Bank Pemerintah Singapura sebesar $40.000 dan harus dilunasi setelah ia lulus kuliah dan bekerja. Untuk berhemat, Merry menyiasatinya dengan hanya makan mie instant di pagi hari, makan siang dengan 2 lembar roti tanpa selai, ikut seminar dan perkumpulan di malam hari demi makan gratis, bahkan untuk minum pun ia mengambil dari air keran/tap water di kampusnya.

Ketika menyadari hidupnya tak berubah meski sudah memasuki tahun kedua kuliah, Merry mulai membangun mimpi.

Suka duka membangun bisnis sendiri

Tanpa pengalaman dan pengetahuan bisnis yang memadai, Merry Riana terjun ke dalam dunia bisnis. Hal itu dilakukan karena ia mengetahui bahwa memiliki pekerjaan biasa tidak cukup untuk memenuhi impiannya untuk sukses di usia 30 tahun.

Ia mencoba berbagai peluang bisnis. Mulai dari bisnis pembuatan skripsi, bisnis MLM, mencoba bermain saham, yang semuanya berakhir dengan kegagalan.

Merry juga mencoba terjun ke multi level marketing meski akhirnya rugi 200 dollar. Merry bahkan pernah kehilangan 10.000 dollar ketika memutar uangnya di bisnis saham.

Merry Riana
Merry Riana

Merry kehilangan semua investasinya dan terpuruk. Meski begitu, Merry kembali bangkit dan berusaha keras untuk menjadi entrepreneur. Bersama Alva Tjenderasa, temannya di masa kuliah yang kini menjadi suaminya, mereka mulai menjalankan usaha bersama.

Kegigihannya pun tak sia-sia, karena akhirnya ia sukses menjadi Financial Consultant yang menjual produk-produk keuangan dan perbankan. Dalam enam bulan pertama karirnya, Merry berhasil melunasi utangnya sebesar 40 ribu dolar Singapura.

Baca juga: Biografi J.K. Rowling - Kegigihan dan Imajinasi Tak Berbatas

Langkah awal menuju kesuksesan

Merry Riana kemudian mendirikan MRO (Merry Riana Organization) sebuah perusahaan jasa keuangan, dan juga MRO Consultancy yang bergerak di bidang pelatihan, motivasi serta percetakan buku yang berbasis di Singapura.

Tahun 2005, Merry menerima penghargaan Top Agency of the Year dan penghargaan Top Rookie Agency. Hingga kini Merry telah memotivasi dan melatih ribuan profesional dan eksekutif dalam bidang penjualan, motivasi dan pemasaran.

Merry menyatakan bahwa motivasinya tidak hanya berasal dari keinginan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik pada kedua orang tuanya, tetapi juga dari ambisinya untuk membantu generasi muda lainnya untuk melakukan hal serupa.

"Mimpi Sejuta Dollar"

Merry Riana
Merry Riana

Biografinya dalam buku "Mimpi Sejuta Dolar" yang ditulis Alberthiene Endah, sukses menjadi National Bestseller hanya dalam waktu 1 bulan setelah peluncurannya. Buku ini menarik perhatian publik Singapura dan Asia Tenggara karena menuliskan tentang prestasi Merry Riana menghasilkan S$ 1.000.000 pada usia 26 tahun.

Nggak hanya itu, kisah hidupnya pun turut diangkat menjadi film layar lebar berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014), yang diperankan oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko.

Profil kesuksesan Merry Riana mulai dikenal setelah muncul di artikel The Strait Times pada tanggal 26 Januari 2007 yang berjudul “She’s made her first million at just age 26” (Ia mencapai satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun).

Kini, Merry Riana aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, perusahaan, sekolah dan media massa di Singapura dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Selanjutnya: Kamu pasti kenal dengan Mikha Tambayong. Sudah tau belum 5 fakta menarik dari artis cantik satu itu? Yuk cek di sini!

Loading Facebook Comment ...