Cara Cerdas untuk 'Survive' Saat Keuangan Menipis di Akhir Bulan

Cara Cerdas untuk 'Survive' Saat Keuangan Menipis
ISTOCK

Sering terjadi ditanggal 15 sampai 20 setiap bulan? Sementara gajian masih lama. Apa yang bisa dilakukan agar hidup tetap makmur? 

Hampir semua orang merasakan hal ini: keuangan semakin menipis di akhir bulan. Kondisi ini memang sangat tidak menyenangkan karena bisa mengganggu mobilitas kita sebagai pekerja.

Meski uang menipis setiap bulannya karena kebiasaan buruk kita tidak bisa mengelola keuangan dengan baik dan hidup yang boros, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap 'survive' di akhir bulanApa saja cara yang dimaksud?

1. Pisahkan Dana Berdasarkan Kebutuhan

img

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan dana berdasarkan kebutuhan setiap habis gajian terutama untuk kamu yang mendapatkan gaji secara cash. Kamu perlu langsung pisahkan semua dana itu sesuai dengan pos-posnya. Misalnya untuk bayar listrik, air, kebersihan, keamanan, kartu kredit, cicilan rumah, dan tabungan. Bayar semua kewajiban kamu semuanya sehingga tidak mempunyai lagi tunggakan utang. Percayalah, cara ini bisa melindungi kamu dari ‘kemiskinan’ di akhir bulan.  

2. Menabung Itu Penting

img

Membayar semua tagihan memang penting tapi ada yang lebih utama lagi yaitu menabung di setiap bulan. Kamu bisa menyisihkan 10% dari uang gajimu untuk ditabung. Menurut (Ginta Kamka, CEO Woop.id) "Dengan menabung, kamu bisa mempunyai dana darurat yang bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga. Ditambah, bisa menyelamatkan kamu dari pemborosan yang biasa dilakukan."

3. Catat Semua Pengeluaran

img