Cara Kembali Bangkit Jika Kena PHK

Cara Kembali Bangkit Jika Kena PHK
SHUTTERSTOCK

Tidak ada yang mau dipecat! Tapi mau tidak mau, kamu harus bisa menerima pemecatan itu dengan ikhlas. Lantas, bagaimana harus bangkit lagi?

"Kamu dipecat!” kalimat itu menjadi hal yang tidak mau didengar oleh para karyawan. Sudah bekerja mati-matian namun tetap saja hal itu terjadi. Banyak penyebab yang membuatmu akhirnya dipecat dari kantor. Misalnya saja kinerja yang tidak baik atau bahkan kondisi keuangan yang sedang menurun. 

Namun tentu saja, banyak orang yang tidak siap kehilangan pekerjaan secara cepat tanpa adanya persiapan. Membayangkan harus menganggur dan mencari pekerjaan lagi, kerap membuat banyak orang tidak siap. Apalagi mencari pekerjaan tidak mudah. Akibatnya, stres pun tidak bisa kamu hindarkan.

Tekanan mental ini membawa pengaruh yang cukup buruk, baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang-orang di sekitarmu. Kamu jadi minder, tidak percaya diri, bahkan malu untuk kembali  melamar pekerjaan. Lantas, apa yang harus dilakukan? 

 Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bangkit usai dipecat: 

Percayalah, kamu masih berguna!

Hal yang bisa kamu lakukan untuk bangkit lagi adalah kamu harus membuang jauh-jauh pikiran yang bahwa kamu tidak berguna lagi. Berpikir seperti itu justru akan membuat dirimu makin terpuruk. Jangan sampai kemampuan yang kamu punya selama ini malah tertutup dengan rasa minder karena mengalami pemecatan. Ada baiknya kamu untuk berpikir jika ini adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa kamu masih bisa mendapatkan kerja di tempat yang lebih baik.

img

Batasi Waktu Berduka

Memaki-maki orang yang memecatmu bukanlah cara terbaik untuk membuang kemarahan. Cara demikian justru akan mendatangkan masalah bagi dirimu sendiri dan memperkecil peluang mendapat pekerjaan baru karena mantan atasan bisa jadi memberi rekomendasi buruk yang membuat namamu malah di-blacklistperusahaan lain. Begitu juga dengan rasa sedih dan down yang kamu rasakan, tentunya boleh-boleh saja, namun jangan berlebihan dan terlalu lama. Untuk apa membuang energi dengan berdiam diri dalam kegalauan yang tidak selesai-selesai. Lebih baik kamu mulai berpikir apa yang seharusnya mulai kamu lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan atau pekerjaan berikutnya. 

Bercerita dengan Temanmu