Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan di Kantor

Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan di Kantor
ISTOCK
Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan di Kantor

Lingkungan pekerjaanmu memiliki rekan kerja negatif yang membuatmu tidak nyaman? 

Dalam pekerjaan, lingkungan kerja menjadi salah satu faktor utama untuk menciptakan sebuah kenyamanan. Lalu bagaimana jika kamu menemukan orang yang negatif di lingkungan pekerjaanmu? Perlu kamu tahu bahwa negativitas dapat menular dan jika kamu tidak bisa mengambil tindakan bijak mungkin bisa ‘terinfeksi’ drama di kantor yang diciptakan oleh orang tersebut.

Bagaimana cara kamu untuk melindungi diri dari orang negatif? Woop punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Batasi Diri

img

Jangan biarkan dirimu terinfeksi toxic dan terlibat secara emosional. Orang-orang negatif sering memiliki sifat yang menuntut dan menekan orang terdekat mereka untuk mengikuti apa yang diinginkan. Hal yang kamu harus lakukan adalah membatasi diri dengan mereka. Kamu mungkin tidak bisa mengubah kepribadian mereka namun jangan sampai mereka memengaruhimu dengan cara pandang negatifnya terhadap suatu hal.

2. Jangan Terlibat Masalah 

img

Bukan tugasmu untuk membuat orang yang tidak bahagia menjadi bahagia atau sebaliknya. Jika kamu bertemu dengan orang negatif, jangan sekali-sekali berpikir untuk mengubah pola pikir mereka. Kamu hanya perlu fokus pada pekerjaan untuk mengejar impianmu.

3. Beri Ruang Untuk Dirimu

img

Saat kamu sudah terlanjur terlibat dengan orang negatif, kamu pasti butuh ruang setelah berurusan dengannya. Beri sedikit waktu untuk menjernihkan pikiranmu agar dirimu lebih tenang dan bisa kembali bekerja dengan mood yang baik.

4. Diam dan Dengarkan

img

Saat berhadapan dengan orang negatif, kamu akan tergoda untuk membalas perkataannya dengan emosional. Menanggapi dengan amarah hanya memberi ‘makan’ negativitas mereka. Tahan ucapanmu dan dengarkan, pada akhirnya mereka menyadari kamu tidak memberi reaksi yang mereka cari. Dengan begitu, mereka akan berteriak di tempat lain. Menanggapi orang negatif dengan tidak emosional memang hal yang sulit tapi itu adalah kunci untuk menjaga kedamaian dirimu.

Selanjutnya: Kamu membutuhkan perlengkapan dandan mini ini untuk 'situasi darurat'