Gimana Cara Nabung Saat Ingin Bisnis, Nikah, & Beli Rumah?

Gimana Cara Nabung Saat Ingin Bisnis, Nikah, & Beli Rumah?
ISTOCK

Menabung itu diperlukan. Apalagi jika kamu ingin membangun bisnis, menikah, dan membeli rumah. 

Setiap orang memiliki impiannya masing-masing. Ada yang ingin menikah, ada yang ingin memulai bisnis, ada juga yang ingin membeli rumah impiannya. Apapun impianmu, semoga bisa terwujud ya. Tapi untuk mewujudkannya tidak mudah, kita benar-benar harus bekerja keras dan mencari banyak uang. Karena tanpa uang, kita tidak bisa mewujudkan semua impianmu menjadi nyata. Oleh sebab itu, Woop ingin membantumu mendapatkan mimpimu dengan memberikan cara menabung yang tepat.

Cara Menabung yang Tepat

Menabung untuk Membangun Bisnis

img

Untuk membangun sebuah bisnis, kita benar-benar membutuhkan uang yang cukup dan koneksi yang luas. Jangan pernah berpikir bahwa kamu sudah terlalu tua untuk bisa memulai bisnis. Mulailah menabung dan membuat koneksi sedini mungkin. Selain itu, zaman yang sudah serba canggih ini, ada baiknya untuk menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis.

Karena, menurut survei terakhir yang dilakukan oleh Instagram Indonesia pada tahun 2018 lalu, 76% pengguna media sosial Instagram di Indonesia pernah membeli sesuatu setelah menemukan merek yang mereka cari di Instagram. Tak hanya itu, sekitar 82% pengusaha muda juga setuju bahwa Instagram membantu para pengusaha muda tersebut mencapai target tiap bulannya.

"Ketika bisnis kamu sudah mulai berhasil dan kamu siap membuat sebuah kantor sendiri, jangan tergiur dengan membeli furnitur fancy atau mengincar lokasi yang memang sangat strategis. Utamakan uang yang didapat untuk pengeluaran seperti variasi produk atau memperbaiki produk, dan cari orang-orang yang tepat untuk membantu bisnis yang kamu punya," ucap Ginta KamkaCEO Woop.id.

Baca: 7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

Cara Menabung untuk Menikah

img

Kata orang, menikah membutuhkan dana yang tak sedikit. Apalagi jika kamu memang ingin menggelar sebuah pernikahan yang mewah. Tentunya, kamu harus menyiapkan waktu yang sangat panjang untuk menabung. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh bridestory pada tahun 2017, untuk mengundang lebih dari 500 tamu undangan, kamu membutuhkan dana antara 500 juta sampai 4 milyar rupiah, dan dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk mendapatkan dana tersebut.

Maka dari itu, carilah waktu yang tepat untuk membicarakan dengan pasangan. Buatlah daftar yang jelas antara keinginan dan kebutuhan kamu dengan pasangan. Cobalah sharing dengan temanmu yang sudah menikah, tanyakan kepadanya seberapa banyak pengeluaran yang mereka keluarkan dan apa saja pengeluaran yang bisa dipotong.

Pikirkan juga opsi untuk membuka akun tabungan khusus untuk biaya pernikahan, dan hitung seberapa banyak uang yang perlu kalian tabung tiap minggu atau tiap bulannya. Cari tahu pengeluaran bulanan apa yang bisa kamu potong untuk membantu membuat akun tersebut “menggendut”. Belajar untuk menciptakan rencana finansial pernikahanmu akan menjadi pelajaran berharga ketika kamu sudah memiliki keluarga nanti.

Cara Menabung untuk Membeli Rumah