Cindercella: 'Di Dunia yang Ideal, Aku Pengennya Cella itu Seseorang yang Body Positive.'

Interview Cindercella: Bicara Soal Body Positive
WOOP.ID/ALEXANDER SURYO

Kenyataannya, beauty vlogger satu ini masih berjuang dengan makanan dan penampakan fisiknya.

Seandainya penghuni surga nantinya adalah mereka yang memiliki kepribadian seperti Cindercella, maka saya akan rela meninggalkan dunia ini (jika saatnya tiba) dengan sukacita. (Saya cukup yakin akan bisa mampir ke surga, mempertimbangkan kelakuan dan sepak terjang selama ini.) 

Jika kamu adalah salah satu dari 540 ribu pengikutnya di Instagram atau 283 subscriber-nya di YouTube pasti akan mengangguk-angguk dan mungkin menyengir lebar—setuju. Marcella Febrianne Hadikusumo atau Cindercella (atau yang dipanggil "Maru-chan" oleh ibunya), seorang vlogger beauty, memiliki pribadi yang super duper lucu. Dan rasanya cukup masuk akal jika berharap level lucu, memiliki selera humor baik, seharusnya menjadi satu dari top 5 sifat wajib agar bisa masuk ke surga. (Tidak terbayangkan jika surga dipenuhi keseriusan, kening berkerut 24/7—berhubung kita akan tinggal selamanya di sana dan sepertinya tidak tersedia krim anti-aging.)

Interview Cindercella

Senang Membuat Orang Tertawa

Pilihannya ada dua, bilang: "OMG, gilak!" lalu "wkwkwkk" atau "omaigat" lalu diikuti dengan emoji api berkali-kali dan emoticon LOL—saat melihat video penampilannya menyanyikan "Pretty Real" bersama MINYO33, Titan Tyra, Nanda Arsyinta & RAMENGVR di YouTube FanFest Jakarta 2018 ("Aku memang dari dulu ingin jadi penyanyi," katanya. Saat ini Cella sedang mengerjakan sebuah singel lagu.) dengan memakai kostum badut menggembung. Dan seseorang harus punya humor tingkat Robin Williams untuk bisa tersenyum lebar, super antusias saat memercayakan pemakaian bulu mata palsu kepada seseorang bukan makeup artist; di sini kita membicarakan (dan sambil terkekeh) video Cella saat melakukan #MyBoyfriendDoesMyMakeupChallange. 

Butuh bukti lebih? Sepertinya akan susah menahan bibir dalam posisi netral saat melihat bibirnya terkoyak-koyak, terombang-ambing angin dari hair dryer (dengan judul yang membuat terkikik, Live life to the fullest). Oh, oh, jika kamu tertawa (bahkan seandainya teman-temanmu tidak) saat melihat tiga video tersebut, artinya itu tetap lucu. Sains yang bilang.

View this post on Instagram

A post shared by maru🇮🇩 (@cindercella) on

Dan vlogger yang pertama kali memasukkan video di YouTube tahun 2010 ini (bukan tutorial dandan, melainkan menyanyikan lagu Jason Mraz "I'm Your's", berusia 15 tahun lengkap dengan poni, rambut panjang, kacamata, behel, dan ekspresi penuh penghatan meski beberapa cengiran menjadi petunjuk bahwa Cella memiliki bakat melucu)—sangat serius dengan misinya menghibur semua orang, tanpa terkecuali. 

"Kalau aku diundang ke talkshow, mereka ketawa, excited ketemu karena bikin mereka ketawa, itu kayaknya hal nomor satu yang bikin aku senang dengan pekerjaan aku," ujarnya dengan sumringah. "Susah banget jelasinnya, tapi aku senang banget liat orang ketawa kayak gara-gara sesuatu yang aku lakuin/ omongin," tegasnya. 

Tiffanny Haddish pernah mengatakan kepada Trevor Noah, "komedi adalah instrumen, dan rahasia saya untuk selalu positif dan hidup. Saya tidak tahu bagaimana dengan orang lain, tapi saya merasa sangat senang ketika tertawa. Dan merasa lebih baik lagi ketika melihat orang lain tertawa. Hal yang paling menjadi favorit saya di dunia adalah melihat gigi orang lain,... dan mendengar 'hahaha', semua bagian tubuh dipijat, perasaan mereka lebih ringan. Bahkan ketika mereka menertawakan saya padahal saya tidak ingin mereka tertawa, well... paling tidak mereka tertawa. Itu artinya saya mengobati mereka." 

Ibaratnya seperti itu. 

Cindercella mungkin saja sedang memberikan tips dandan "aneh". (Hari ini dandanannya biasa karena, "kesiangan jadi nggak punya waktu untuk dandan," akunya). Misalnya, tips berdandan untuk Halloween ("Untuk tahun ini belum tahu mau bikin apa, belum ada ide," ujarnya dengan suara panik dan tertawa lebar), tapi intinya adalah humor. Jadi, bahkan ketika pun kamu bukan makeup afiacionado, paling tidak kamu akan tertawa. 

"Aku memang suka banget sih, kalau aku ngomong apa, orang-orang ketawa. Emang pengen liat aku, apalagi di sosial media, sebagai orang yang positif, yang bisa menghibur. Istilahnya, kalau lo nge-follow gue, lo bakal ketawa," tegasnya. Dan postingannya dijamin 99% lucu, karena, "kalau menurut aku nggak lucu, nggak akan aku posting." 

Ingin Menjadi Seorang yang Body Positive