Dapatkan Ketenangan Hati dan Pikiran dengan 7 Langkah Ini

Dapatkan Ketenangan Hati dan Pikiran dengan 7 Langkah Ini
ISTOCK

Penting untuk kesehatan. 

Dalai Lama mengatakan: "Pikiran tenang melahirkan kekuatan batin dan percaya diri, sehingga itu sangat perlu untuk kesehatan yang baik." Dari seorang yang sudah hidup lama dan makan asam garam kehidupan, sepertinya kita bisa percaya bahwa dia tahu apa yang dibicarakannya saat mengatakan hal tersebut. Dan menilik betapa pentingnya ketenangan pikiran bagi kesehatan diri, ada baiknya kita mencoba tujuh hal ini untuk mendapatkannya. (Bahkan pada saat sepertinya sulit/tidak mungkin untuk tenang.)

1. Menetapkan Niat

“Dari niat dulu, semoga semua bakal terkabul,” kata-kata itu selalu terdengar dari mulut seseorang. Niat berfungsi sebagai pengingat atas tujuan yang ingin dicapai. Menetapkan niat merupakan langkah paling kuat yang dapat kita lakukan untuk memulai sebuah kehidupan baru.

2. Bergerak dan Olahraga

Bergerak dan olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa memulainya menjadi anggota gim, ikut kelas yoga, atau sekadar jogging di sekitar rumah. Sebagai informasi, saat melakukan olahraga dan menggerakkan tubuh, zat endorfin akan melepaskan diri dari dalam tubuh dan menghasilkan perasaan yang positif dan bahagia.

3. Makan Sehat

Langkah yang satu ini memang bisa dibilang susah-susah-gampang. Selain berolahraga, mulailah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Kurangi minuman/makanan manis, dan ganti dengan sayuran, buah-buahan dan air putih. Makanan bisa menjadi sahabat dan musuh secara bersamaan, maka berikanlah jiwa sesuatu yang menyehatkan. 

4. Liburan 

Seiring bertambahnya umur, terkadang kita melupakan pentingnya untuk berlibur dan bersantai sejenak. Dalam seminggu, masukkan satu hari ke agendamu untuk mengajak keluarga jalan-jalan (atau sendirian), agak menjauhi hiruk pikuk kota, jika memungkinkan. Bersenda gurau dan tertawa bersama adalah kegiatan yang bisa menyenangkan hati dan perasaanmu.

5. Musik