Dijamin: 6 Kebiasaan Ini akan Membuat Suasana Hatimu Lebih Baik

Dijamin: 6 Kebiasaan Ini akan Membuat Suasana Hatimu Lebih Baik
ISTOCK

Traktir orang lain.

Jika akhir-akhir ini kamu merasa kurang bersemangat, rasanya menghitung detik di kantor, tulang-tulang seperti mau rontok dan suasana hati sangat gelap, cobalah hal-hal berikut ini. Dijamin, hatimu akan lebih baik. 

1. Mengisi vas dengan bunga segar

Sepertinya hal yang remeh, tapi rumah dengan wangi bunga segar akan membuat suasana rumah—dan hatimu lebih menyenangkan. Penelitian dari Harvard menemukan bahwa mereka yang menaruh bunga segar di rumah selama seminggu dilaporkan lebih berenergi dan level kecemasannya berkurang. Dan jangan lupa mencium bunga mawar yang kamu taruh di dalam vas itu. 

2. Minum kopi

Beberapa penelitian telah menemukan sebuah relasi antara konsumsi kafein dengan mengurangi resiko depresi, juga resiko bunuh diri. 

3. Dengarkan lagu-lagu sedih

Mungkin terdengar aneh, tapi dari sebuah studi yang meneliti 772 orang dari dunia belahan barat dan timur ditemukan bahwa mendengarkan musik sedih memiliki efek positif termasuk mengatur emosi dan menghibur suasana hati yang suram. 

4. Belikan sesuatu untuk... 

... orang lain. Entah itu pasangan, teman, tetangga, atau keluarga. Tindakan kecil seperti ini—membelikan martabak, mentraktir nonton bioskop—akan menebarkan cinta. Mereka merasa senang, dan kamu juga. 

5. Jalan-jalan di taman, hutan