Banner

Disentil Jokowi, Menteri Rini Raih Penghargaan

Disentil Jokowi, Menteri Rini Raih Penghargaan
Dok. Instagram @kementerianbumn

Menteri dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan lagi. Mari kita ucapkan selamat kepada ibu Rini.

Meski tidak sepopuler menteri Susi Pudjiastuti dan menteri Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), Rini M. Soemarno merupakan salah satu menteri perempuan yang memiliki banyak pengalaman. Berkat kinerjanya membangun BUMN, menteri Rini baru mendapatkan penghargaan khusus yaitu Outstanding Minister dalam Bisnis Indonesia Award 2019. Menteri Rini dianggap berprestasi dan mampu mendorong bagi perubahan ekonomi dan bisnis di Indonesia menjadi lebih baik.

“Ini merupakan bentuk apresiasi Bisnis Indonesia yang dari waktu ke waktu mengikuti sepak terjang para pembantu presiden tersebut. Memilih menteri berprestasi ini tidak mudah. Sebab, setiap kandidat bukan tanpa kelemahan, bahkan tak sedikit dari mereka-mereka cukup kontroversial dan gemar berkonflik dengan menteri lainnya,” ujar Hery Trianto, pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia.

Perempuan kelahiran Maryland, Amerika Serikat ini dulunya merupakan seorang pengusaha. Sebelum menjadi seorang menteri, Rini pernah magang di Departement Keuangan Amerika Serikat—setelah lulus kuliah pada tahun 1981. Pada tahun 1982, di usia ke-24 tahun Rini balik ke Indonesia dan bekerja di Citibank Indonesia.

Baca: Model hingga Personel Band, Kehidupan Lain Menteri

Karier profesional Rini diasah di Citibank. Berbagai jabatan beliau duduki di perbankan ini. Puncaknya saat dia berumur 40 tahun, beliau sudah didapuk sebaga Vice President Citibank N.A, Jakarta. Setelah berkarier selama tujuh tahun di Citibank, dia beralih ke dunia industri otomotif dan masuk Astra International. Di Astra International, kariernya terus meroket dengan menduduki jabatan direktur utama PT Astra International. Setelah itu, berbagai perusahaan antre menunggu sentuhan tangannya. Selain Astra International, Rini juga sempat bekerja untuk PT Agrakom - Bidang Bisnis Internet, PT Semesta Citra Motorindo, dan PT Kanzen Motor Indonesia.

Dok. Instagram @kementerianbumn
Dok. Instagram @kementerianbumn

Setelah malang melintang di dunia usaha, Rini diminta masuk ke dalam birokasi pemerintahan. Ini menjadi pertama kali baginya masuk ke dunia ‘berbeda’ dan didapuk sebagai Wakil Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Jakarta pada 1998. Sejak itu, beliau mulai sering dilibatkan dalam persoalan pemerintah.

Saat Presiden Megawati terpilih, Rini diminta menjadi  Menteri Perindustrian dan perdagangan dalam kabinet Gotong Royong pada tahun 2001 sampai 2004. Namun namanya sempat hilang dibeberapa tahun setelah Megawati tidak terpilih lagi menjadi Presiden. Sampai akhirnya, beliau muncul lagi kepermukaan dengan menjadi Kepala Staf Tim Transisi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berkat hal ini, beliau diangkat oleh Presiden Joko Widodo menjadi menteri BUMN dalam kabinet kerja.

Meski sempat disinggung Presiden Jokowi tentang kinerjanya, tapi hal itu tidak membuat menteri Rini goyah dalam bekerja. Buktinya, beliau tetap bisa mendapatkan penghargaan ini.

Yep, ternyata tidak hanya menteri Rini saja, ada empat menteri lainnya yang juga mendapatkan penghargaan Outstanding Minister dalam Bisnis Indonesia Award 2019 yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Selamat bapak dan ibu! 

Selanjutnya: Di usia yang masih muda, para selebriti dunia ini bisa menjadi miliader dunia. Siapa sajakah selebriti berpenghasilan besar versi forbes? Jawabannya ada di sini.