DreamHub Berkolaborasi Menghadapi Titik Jenuh Komunitas Startup di Indonesia

DreamHub Berkolaborasi dengan Komunitas Startup di Indonesia
DreamHub

Persaingan ketat dan pasar yang belum siap merupakan kendala utama para startup di Indonesia. DreamHub memberikan jalan keluarnya.

Fenomena mendirikan perusahaan perintis atau startup sudah ada sejak beberapa tahun terakhir di Indonesia. Menurut data dari Badan Ekonomi Kreatif, pada tahun 2019 tercatat ada 1018 startup berbasis finansial, e-commerce, sampai dengan agribisnis dan empat diantaranya merupakan startup yang berstatus Unicorn di Indonesia. Ironisnya banyak startup yang tumbang walaupun mempunyai dukungan sumber daya manusia dan modal yang cukup.

“Satu hal terpenting, startup yang dapat survive adalah startup yang memberi solusi atas suatu permasalahan dan fokus pada profit.” Ujar Deputi Infrastruktur BEKRAF Hari Santosa Sungkari. Saat ini BEKRAF juga sudah berinisiatif untuk mendukung perkembangan ekosistem startup dari hulu ke hilir melalui program BEKRAF Developer Day, BEKRAF for Pre-Startup, Go Startup Indonesia dan lainnya.

Kolaborasi dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan diperlukan untuk membangun ekosistem startup sehingga menghasilkan inovasi, solusi yang dapat diterima oleh pasar, dan model bisnis yang berkelanjutan.

Press Conf DreamHub
Press Conf DreamHub

Coworking space sebagai tempat yang seringkali menjadi persinggahan pertama startup untuk memulai perjalanannya juga harus berperan sebagai solusi lengkap bagi komunitas startup dalam berinovasi dan berkembang untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Memulai Startup dari Gretta Van Riel

Coworking bisa berperan lebih aktif dalam mendukung perkembangan startup, tidak hanya memberikan tempat bekerja namun sebagai tempat networking dan berkembang." Ucap Head of Growth The Fit Company Gondang Prabowo yang juga menekankan bahwa cermat mengamati keadaan pasar dan siap untuk beradaptasi akan perubahan merupakan kunci agar dapat bertahan dan tetap relevan dalam pembangunan ekosistem.

Pentingnya peran coworking dalam perkembangan startup disadari oleh DreamHub yang hadir bukan hanya sebagai penyedia tempat, namun juga mengajak berkolaborasi dengan menyediakan solusi konsultasi dalam bidang komunikasi, legal dan desain visual.

“Kami berkomitmen untuk menjadi solusi lengkap dan menginspirasi komunitas startup di Indonesia untuk berkembang dan meraih kesuksesannya.” Jelas Chief Marketing Officer DreamHub Duan Aditya Akelyaman. Saat ini DreamHub baru genap berumur satu tahun dan telah meresmikan tempat keduanya di Atrium Mulia, “Kami berharap peresmian tempat kedua DreamHub di Atrium Mulia dapat menjadi awal untuk menjangkau dan memberikan kesempatan bagi komunitas startup lebih luas lagi.” Jelasnya lagi.

DreamHub sendiri memiliki space pertama mereka di kawasan SCBD, Jakarta dan sudah beroperasi selama satu tahun. Walaupun berbeda tempat, space DreamHub yang berada di Atrium Mulia juga tidak kalah nyaman dengan yang berada di SCBD. Mereka memiliki beberapa bilik ruangan yang dapat disewa menjadi private office. Untuk informasi lebih lanjut mengenai coworking space milik DreamHub, kamu bisa mengunjungi situsnya di DreamHub.id.

Selanjutnya: Merekam layar PC kini semakin mudah tanpa bantuan software. Penasaran? Yuk intip langsung ulasannya berikut ini!

Loading Facebook Comment ...