Faktor Terpenting yang Menentukan Kebahagiaanmu di Tempat Kerja

Faktor Terpenting yang Menentukan Kebahagiaanmu di Tempat Kerja
ISTOCK
Faktor Terpenting yang Menentukan Kebahagiaanmu di Tempat Kerja

Dicari: teman baik.

Ada banyak faktor yang membuatmu berhenti dari sebuah pekerjaan. Kondisi lalu lintas ke kantor yang selalu berhasil membuatmu naik pitam (menyebutnya saja langsung bikin darah mendidih). Bos yang sepertinya keturunan langsung nenek sihir jahat. Pekerjaan yang tidak ada habisnya, sehingga 18 jam dari 24 jam hidupmu hanya untuk kantor. Namun, ada faktor yang sebenarnya bisa membuatmu lebih bahagia secara profesional. Seorang ahli membeberkan sebuah formula untuk memastikan hal tersebut terjadi. 

"Pertama dan terutama, cari pekerjaan yang sesuai dengan impianmu, bukan rekening bankmu. Ketika membicarakan tentang penghasilan, kegunaannya akan menyusut, sementara impianmu akan selalu berkembang seiring dengan waktu," jelas Dan Buettner, penulisBlue Zones of Happiness. Dalam sebuah video untuk Business Insider, ahli kebahagiaan dan National Geographic Explorer ini menekankan pentingnya memiliki teman baik di kantor. 

"Faktor penentu terbesar apakah kamu suka dengan pekerjaanmu adalah memiliki teman baik di kantor," ujar Buettner. Tidak hanya membantu lebih produktif, seorang BFF di kantor akan membuatmu lebih bahagia dan puas dengan hasil kerjamu—terlebih jika kamu bisa membicarakan topik-topik mendalam dengan mereka tanpa merasa takut. "Kamu butuh memiliki seorang teman yang dengannya kamu bisa membicarakan hal-hal penting dan peduli bahwa kamu sedang sial hari itu," terangnya. 

Dan ada satu hal lagi yang menentukan kebahagiaan di tempat kerja:  liburan. Buettner merekomendasikan agar kita mengambil beberapa liburan pendek secara berkala, bukan satu liburan panjang sekali dua tahun. "Jumlah ideal liburan adalah enam minggu dalam setahun," jelasnya."