Gadget Bisa 'Membunuhmu'--Ini Faktanya

Gadget Bisa Membunuhmu--Ini Faktanya
ISTOCK

Kata orang ‘diam itu emas’, tapi bagaimana jika diam malah memperburuk kesehatanmu bahkan bisa 'membunuh'-mu?

Jangan panik! Mari kita baca dengan seksama artikel ini.

daihatsu banner

"Data terkini diseluruh dunia, orang yang meninggal ada 56 juta. Menariknya adalah yang meninggal akibat pembunuhan, perkelahian itu hanya 600ribu orang saja. Ke mana sisanya? Nah selebihnya banyak yang meninggal akibat diabetes dan bunuh diri," Kata Dr. Devie Rahmawati, M. Hum, CPR., Pakar Ilmu Sosial, Budaya dan Komunikasi, Universitas Indonesia, yang ditemui Woop di acara "Mari Bicara Temukan Persamaan" Sariwangi, Selasa (15/1/2019).

Loh. Loh. Kok bisa? 

"Nah, ini berhubungan dengan kampanye mari bicara ini. Yang harus diketahui oleh orang banyak, diabetes itu merupakan salah satu symptons dari penyakit ketika semua orang sudah tidak lagi bicara. Coba kita lihat banyak orang yang sekarang lebih suka duduk, diam, menyendiri, sibuk dengan gadget ataupun laptopnya saja. Dan ini yang sedang menjadi penyakit sosial yang sedang menggerogoti semua bangsa di dunia,” lanjutnya.

Wah, duduk, diam, tidak bersosialisasi dan hanya bermain gadget ternyata berbahaya untuk kesehatan. Plus, pemakaian gadget yang berlebihan. Kita tidak bisa membohongi kebiasaan itu memang menjadi gaya hidup yang ‘menyenangkan’.

Untuk menghilangkan kebiasaan itu, apasih yang harus dilakukan? 

"Tentunya ada jembatan yang membuat kita berubah. Sesuai dengan penelitian selama 79 tahun yang bisa membuat kita mengubah pola pikir. Caranya adalah dengan berhubungan," ungkapnya.

Berhubungan? 

Ia pun melanjutkan, “Begini, caranya komunikasi. Tapi... (menurut riset dari tahun 1999 sampai 2006) komunikasi yang akan menghasilkan pembicaraan adalah dengan menyuguhkan makanan dan minuman." 

Serius? Apa memang berhasil menggunakan makanan dan minuman untuk membuka percakapan? 

"Meski kita terlalu sering menggunakan gadget bahkan untuk menatap mata orang saja tidak berani, tapi saat ada makanan dan minuman suasana dengan mudah akan mencair. Khususnya, minum teh bersama-sama," tegas Devie. 

Ah, leganya. Mari minum teh :)

Shop From Our Partner Cathaofficial.com