Gak Punya Teman di Kantor? Hati-hati Bisa Merusak Kariermu

Gak Punya Teman di Kantor? Hati-hati Bisa Merusak Kariermu
iStock

Kamu merasa sendirian di kantor? Hati-hati bisa merusak kariermu lho…

Apa kamu suka menyendiri di kantor dan tak punya teman dekat? Sepertinya kamu perlu evaluasi diri. Penting sebenarnya punya teman di kantor karena akan berdampak pada kariermu. 

Hal ini sudah diteliti oleh para ilmuwan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memiliki teman di kantor membantu meningkatkan produktivitas karyawan. 

Studi ini dilakukan oleh sekelompok profesor yang dipimpin oleh Jessica Methot dari Rutgers University. Para peneliti ingin memahami bagaimana hubungan antara karyawan memengaruhi kinerja pekerjaan mereka. Oleh karena itu, peneliti mensurvei 168 karyawan perusahaan dan mengubah pengaturan tempat duduk mereka untuk sementara sehingga dapat berinteraksi lebih baik dengan karyawan lain dari tim yang berbeda.

img

Selanjutnya, para peserta penelitian diminta untuk menyebutkan sepuluh kolega yang akan mereka tanya ketika terjadi masalah terkait pekerjaan. Sepuluh rekan kerja tersebut haruslah yang mereka anggap teman. Semua responden juga ditanyai pertanyaan terkait dengan lingkungan kerja dan kelelahan emosi di kantor.

Setelah empat hingga enam minggu melakukan survei, para peneliti meminta manajer responden ini untuk menilai kinerja karyawannya. Yang menarik, data ini membantu peneliti untuk menganalisis jaringan pertemanan dan rekan kerja dan kesimpulannya memiliki teman di tempat kerja sebenarnya meningkatkan produktivitas mereka.

Sebenarnya ada banyak manfaat memiliki teman di kantor. Salah satu yang utama selalu ada seseorang di sampingmu ketika mengalami masalah pekerjaan. Hal tersebut diungkap oleh sebagian besar responden. 

Sejumlah peserta yang memiliki teman di kantor melaporkan suasana hati mereka menjadi baik dan mendapat banyak informasi internal. Namun kelemahannya, studi tersebut menyebutkan bahwa karyawan mungkin terganggu dari pekerjaan atau butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas mereka. Itu karena para karyawan sering istirahat dengan teman-teman dan tak terasa menghabiskan waktu lebih dari jam istirahatnya. 

Kelemahan lainnya bisa menyebabkan kelelahan emosional dan hubungan itu dapat menjadi stres pada waktu-waktu tertentu. Namun, positifnya memiliki teman di tempat kerja lebih penting daripada yang tidak karena akan memengaruhi kesuksesanmu. 

Para peneliti juga melakukan studi lanjutan di beberapa perusahaan industri yang berbeda dan menyimpulkan hal yang sama. Menjadi teman dengan rekan kerja mungkin bisa menguras emosi tapi secara keseluruhan, itu membantu untuk meningkatkan produktivitas seseorang.

Selanjutnya: fakta unik lainnya, kurang tidur 16 menit saja bisa bikin pekerjaan berantakan lho.