Hal Wajib yang Penting Dilakukan Sebelum Resign!

Hal Wajib yang Penting Dilakukan Sebelum Resign!
iStock

Kamu berencana resign dalam waktu dekat? Jika iya, jangan lupa melakukan hal-hal wajib ini di kantor ya…

Saat resign menjadi keputusan tepat janganlah ragu untuk menjalaninya. Namun sebelum benar-benar keluar dari perusahaan lama, kamu perlu melakukan beberapa hal demi kepentinganmu. 

Setelah meletakkan kertas, mulailah peduli dengan diri sendiri dan membenahi semua dokumen di kantor lama. Demi memastikan semuanya berjalan dengan baik, inilah yang perlu dilakukan…

  • Hapus semua data pribadi dari laptop kantor

img

Baik itu film atau gambar, semua karyawan salah ketika menyimpan ‘item’ pribadi di laptop kantor. Saat resign dalam waktu dekat, hal-hal ini mungkin tidak terpikirkan. Jadi, penting untuk menghapus dokumen dan data pribadi dari laptop atau perangkat lain yang disediakan oleh kantor.

  • Minta referensi kerja

img

Ketika akan melamar pekerjaan baru, sebagian besar calon atasanmu akan meminta referensi dari orang-orang yang pernah bekerja di masa lalu. Jadi, penting bagimu membicarakan hal ini dengan beberapa kolega yang kamu percaya dan yakin bahwa mereka akan memberikan referensi yang bagus.

  • Meminta dokumen dari HRD

img

Saat kamu meninggalkan pekerjaan dengan terburu-buru, pertama pastikan telah mengumpulkan semua dokumen penting dari HRD di hari terakhirmu. Ini mungkin termasuk slip gaji dalam setahun (hanya untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan), surat pernyataan resmi kalau kamu sudah keluar, serta dokumen yang mendukung soal uang selama kamu bekerja untuk membantumu menegosiasikan gaji di perusahaan baru.

  • Jangan resign dalam keadaan marah

img

Apa pun alasan resign, kamu tidak boleh meninggalkan perusahaan saat ini dengan catatan buruk. Bahkan jika ada alasan bagimu untuk marah pada seseorang atau sesuatu, sangat penting bertindak secara profesional. Jika ada wawancara sebelum resign mengenai hal tersebut, kamu bisa berbagi masukan dan mengungkapkan pandanganmu tentang masalah. Namun hindari berbicara dengan nada menuduh saat melakukannya.

  • Pindahkan uangmu dari rekening bank yang dibuka dengan alamat kantor